HOME »» SERBA SERBI

116 Kosmetik Ilegal Senilai Rp 300 Juta Disita BPOM Jawa Barat

116 kosmetik ilegal senilai 300 juta disita bbpom jawa baratPemberantasan kosmetik, obat dan makanan illegal terus dilakukan Balai Besar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jawa Barat. Hal ini terbukti beberapa waktu lalu, BPOM Jabar berhasil menyita 116 kosmetik tanpa izin edar atau illegal. BPOM Jabar menyebutkan bahwa Jumlah barang sitaan tersebut jika dirupiahkan senilai Rp 300 juta pada 19 April 2013 lalu.

Razia yang dilakukan oleh BBPOM ini bermula razia untuk makanan dan minuman illegal. Merujuk dari temuan yang diberikan Badan Farmasi Makanan dan Minuman. Seperti halnya yang dikatakan Supriyanto Utomo selaku kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Bandung menyebutkan bahwa razia yang dilakukan ini memang berawal dari kordinasi yang dilakukan pihaknya dengan Badan Farmasai makanan dan Minuman. Namun investigasi yang dilakukan BBPOM untuk melakukan razia makanan dan minuman illegal hasilnya nihil.

Upaya yang terus dilakukan BBPOM justru menemukan hasil pada keesokan harinya. Akan tetapi bukan makanan ataupun minuman yang ditemukan melainkan kosmetik illegal dalam jumlah yang tidak sedikit. Tidak tanggung-tanggung petugas menemukan 116 item kosmetik illegal. Supriyanto menyebutkan bahwa hasil sitaan berupa kosmetik illegal tersebut jika diuangkan senilai Rp 300 juta. Angka yang cukup besar sebenarnya untuk barang illegal yang berkembang di Jawa barat.

Apalagi memang di Bandung kerap ditemukan barang yang tidak mendapatkan izin edar atau illegal. Hal ini terbukti dari hasil kasus yang ditangani BBPOM Jawa Barat hingga sekarang. Terdapat 33 kasus yang kini ditangani oleh badan yang memang bertugas untuk obat-obatan, kosmetik dan makanan illegal ini. Dari kasus tersebut 12 diantaranya merupakan kasus yang berkenaan dengan pangan atau makanan illegal dan 15 kasus obat keras tanpa wewenang atau ahli yang melegalkan. Selain itu ada 4 kasus kosmetik dan dua kasus obat tradisional juga sudah berhasil ditangani BBPOM.

Adapun dari kasus-kasus tersebut, tujuh kasus diantaranya sudah mendapat putusan dari pengadilan. Tujuh kasus lainnya masih dalam tahap pemberkasan, sedangkan sisanya sudah berada dalam tahap proses penyetoran ke Polda Jawa Barat.

Dengan keberhasilan ini maka secara tidak langsung BBPOM Jawa Barat mendapat apresiasi dari BBPOM pusat. Kepala BBPOM Ri Lucky S Slamet menyebutkan bahwa saat ini pihaknya akan terus mengawasi beberapa produk yang ada di pasaran. Dengan begitu maka penggunaan produk illegal dan berbahaya sedikit demi sedikit akan teratasi.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.2/5 (6 votes cast)
116 Kosmetik Ilegal Senilai Rp 300 Juta Disita BPOM Jawa Barat, 3.2 out of 5 based on 6 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :