HOME »» Uncategorized

Noda Hitam Bekas Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Noda Hitam Bekas Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Noda Hitam Bekas Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Noda hitam bekas jerawat batu merupakan permasalah wajah yang sering dialami wanita maupun pria. Bahkan setelah diangkat dari wajah, jerawat batu seringkali meninggalkan bekas taupun bentuk bopeng pada kulit wajah. Tentu hal ini menjadi masalah besar, terutama untuk kaum hawa, karena penampilan wajah akan tampak tidak maksimal dan membuat rasa percaya diri berkurang. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena noda hitam bekas jerawat tetap dapat diatasi.

Munculnya Noda Hitam Bekas Jerawat Batu

Noda hitam merupakan pigmentasi yang berlebihan dari jaringan kulit, sehingga menimbulkan bintik yang berwarna gelap. Noda hitam diakibatkan oleh pigmentasi berlebihan. Pengangkatan jerawat batu dengan cara tidak steril seperti memencet dengan jari tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat memicu bintik hitam. Kontak tangan dengan kulit akan memberikan jalan bagi bakteri untuk berpindah ke pori kulit yang terbuka.

Infeksi ini akan berpengaruh pada proses pigmentasi. Selain itu, noda hitam juga dapat disebabkan oleh pengangkatan jerawat muda secara paksa, sehingga merusak jaringan kulit dan berefek pada melanin yang berlebihan. Lalu, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana harus menanganinya noda hitam bekas jerawat batu yang membandel tersebut?

Penanganan Noda Hitam Bekas Jerawat Batu

Anda tidak perlu khawatir, noda tersebut dapat dihapus dari wajah Anda dengan 2 cara, yakni perawatan medis secara modern ataupun tradisional yang bersifat alami.

Perawatan Medis

Perawatan medis yang dimaksud adalah menggunakan obat-obatan ataupun alat tertentu. Di antaranya adalah seperti pemberian bleaching cream (krim pemutih), penggunaan laser (dynamic teraphy), dan skin rejuvenantion. Namun, cara ini tidak cukup memperbaiki bentuk kulit bopeng, sehingga untuk itu diperlukan operasi pengangkatan struktur kulit bopeng. Tentu saja, perawatan ini tidaklah murah, diperlukan biaya yang cukup besar karena melibatkan peralatan canggih dan tenaga kesehatan yang professional. Selain itu, konsultasi dan check up yang intensif, salah satu kunci dari keberhasilan perawatan ini, memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Perawatan dengan bahan alami

Namun, perawatan tidak hanya dapat dilakukan dengan cara medis modern. Anda bisa memanfaatkan hasil dari alam yang notabenenya dalam perawatan minim akan efek samping. Contohnya adalah pemakaian masker bengkoang atau mentimun. Bengkoang dan mentimun segar cukup dilumatkan (diblender) dan dioles rata pada wajah.

Anda juga dapat memakai buah yang kaya antioksida (sebagai agen inhibitor dari pigmentasi oleh melanin), seperti irisan tipis buah lemon. Cukup dengan menggosokkan secara lembut pada daerah wajah, maka perlahan wajah Anda akan bebas dari noda hitam yang menggangu. Cara tradisional ini tidak dapat memberikan hasil instan, sehingga perlu keuletan untuk melakukan perawatan.

Daripada menunggu untuk terbentuk jerawat dan meninggalkan bekas, pencegahan adalah tindakan yang diperhitungkan. Merawat wajah dengan rutin, seperti membersihkan sisa make up dan minyak berlebihan dengan sabun wajah secara rutin, dan membersihkan sisa polusi yang menempel serta memakai krim yang menutrisi kulit. Pencegahan ini juga dapat Anda lakukan bergandengan dengan perawatan medis atau tradisional untuk mencegah munculnya noda hitam bekas jerawat batu. So, Anda tinggal memilih, dengan perawatan medis, tradisional, atau pencegahan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :