HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Hati-hati !! 17 Kosmetik Berbahaya DIjual Secara Online

17 kosmetik berbahayaBapak Lucky S. Slamet selaku Kepala BPOM menyatakan bahwa 17 jenis kosmetik dari 6 merek yang dinyatakan berbahaya tahun 2013 ini ternyata banyak dijual secara online via Internet. Tren menjual kosmetik lewat social media atau internet ini memang dimanfaatkan pedagang untuk mengelabui calon konsumen yang tidak bisa melihat wujud kosmetiknya terlebih dahulu, sehingga banyak yang tergiur oleh kalimat promosi yang menjanjikan. ”Penjualan kosmetik via online memang menjadi tren,” ujar Bapak Lucky ketika jumpa pers di kantor BPOM, 13 Mei 2013 lalu.

Kepala BPOM tersebut menjelaskan lebih lanjut, banyak calon konsumen tertarik dengan kalimat promosi yang menjanjikan, khususnya produk pemutih kulit instan. Padahal merek produk yang dijual tidak punya izin edar dari Badan POM. Beliau menghimbau calon konsumen untuk mengecek nomer notifikasi BPOM dan mencari tahu spesifikasi produk. kalau barangnya tidak jelas dari produsen entah berantah, jangan beli !!

BPOM sendiri sudah bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika perihal ramainya perdagangan kosmetik ilegal dimedia online. Kemenkominfo pun sudah mulai melakukan penyaringan terhadap banyak situs penjualan produk kecantikan yang dinyatakan berbahaya dan menyalahi aturan izin edar.

Dalam keterangan  BPOM yang dirilis 13 Mei lalu, 17 kosmetik berbahaya dan ilegal yang dijual online tersebut mengandung Merkuri (Raksa), Asam Retinoat, Hidrokinon dan Resorsinol. Asam retinoat sendiri dapat mengikis lapisan kulit. Jika dipakai berlebihan dapat membuat cacat janin, kecuali dengan dosis yang diawasi dokter. Merk kosmetik yang terjaring razia tersebut adalah :

1. Hayfa (sunblock acne cream natural sore dan pagi, serta anti acne sore dan pagi)

2. Tabita (night cream, daily cream, dan skin care smooth lotion)

3. Cantik (produk whitening vitamin E day cream dan whitening vitamin E night cream)

4. Chrysant (pemutih ketiak, cream malam jasmine, AHA Toner No.1, AHA Toner No.2, AHA Toner No.2+)

5. Green Aliva (night cream acne dan walet cream mild night cream)

6. dr.Nur Hidayat, SpKK (acne lotion, cream malam prima 1, acne cream malam)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.2/5 (15 votes cast)
Hati-hati !! 17 Kosmetik Berbahaya DIjual Secara Online, 4.2 out of 5 based on 15 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya