HOME »» ZAT KIMIA

2 Zat Berbahaya Dalam Kosmetik

zat berbahaya dalam kosmetikBanyak sekali zat berbahaya dalam kosmetik yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja bahan yang berbahaya tersebut, anda akan bisa mendapatkan kosmetik yang tepat dengan keinginan anda. Zat yang memiliki bahaya luar biasa adalah Merkuri. Zat ini ternyata menjadi bahan dari salah satu merk kosmetik yang banyak anda temukan dijual bebas di pasaran. Merkuri akan memberikan anda berbagai masalah kesehatan yang bisa berimbas pada kematian apabila tidak diberikan penangana secara benar. Banyak yang menganggap bahwa merkuri memiliki fungsi yang positif untuk membuat kulit anda menjadi putih dengan mudah. Padahal Merkuri – atau Raksa – ini bisa menyebabkan efek iritasi pada kulit anda. Disamping itu juga bisa menyebabkan anda menjadi alergi. Terutama bagi pengguna yang kulitnya sensitif terhadap bahan yang satu ini.

Merkuri Dapat Merusak Sistem Syaraf

Dalam kasus yang sudah gawat, Merkuri ini akan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf anda yang nantinya akan bisa menyebabkan penggunannya mengalami stroke dan berbagai gangguan syaraf lainnya. Tentunya anda pasti tidak mau memberikan kosmetik yang berbahaya untuk keselamatan keluarga anda bukan? Maka dari itu pilihlah kosmetik yang bebas dari merkuri agar tidak menimbukan efek samping yang berbahaya. Saat ini masih banyak kosmetik yang memiliki bahan merkuri, maka dari itu bersikaplah selektif ketika memilih kosmetik yang anda inginkan. Bahan lain yang juga harus anda hindari adalah Partikel Nano. Bahan yang satu ini memiliki sifat khusus yaitu sebagai Zinc Oxide dan juga Titanium Dioxide. Ini banyak ditemukan pada bahan yang bisa menembus kulit seperti lotion tabir surya dan juga krim-krim pencerah wajah yang banyak dijual di department store tertentu.

Efek Buruk Partikel Nano

Efek buruk dari zat ini adalah bisa menyebabkan kehancuran pada sel-sel otak anda. Jadi sifatnya tidak kalah bahayanya dengan mercury diatas. Partikel yang bersifat menembus kulit ini juga bisa merusak jaringan sel-sel positif yang dimiliki oleh tubuh anda dan nantinya akan membuat kekebalan yang ada pada tubuh anda menjadi menurun. Ini akan membuat tubuh anda mudah sekali terserang penyakit. Dalam kasus lain, bahan ini juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian kulit dan membuat kulit anda menjadi meradang. Jika anda menemukan kosmetik pemutih wajah yang digunakan sebagai obat luar mengandung bahan yang satu ini, sebaiknya anda tidak usah membelinya karena bahan ini memberikan efek yang cukup parah dan bisa mengakibatkan kematian pada diri anda.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/5 (3 votes cast)
2 Zat Berbahaya Dalam Kosmetik, 2.0 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :