HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

20 Merek Kosmetik Temuan BPOM yang Mengandung Merkuri

Bahan kimia berbahaya seperti merkuri sebaiknya dihindari dalam pemakaiannya karena akan menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya untuk kulit wajah kita. Umumnya bahan kimia berbahaya ini sering ditemukan pada krim pemutih wajah dan produk-produk kosmetik lain seperti eyeshadow, pembersih muka, lipstik, dan yang lainnya. Penggunaan yang berkala dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius seperti resiko kanker pada tubuh orang yang sering menggunakan produk kosmetik yang mengandung mercury. Memang benar kulit wajah akan tampak lebih putih dalam waktu yang relative singkat jika kita menggunakan kosmetik yang bermerkuri, namun perlu diwaspadai juga efek samping yang akan ditimbulkan setelah memakainya. Kulit wajah akan menjadi rusak dan mudah iritasi serta alergi jika terus menerus memakai produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya ini.

Tips mendeteksi kosmetik yang mengandung mercury

20 merek kosmetik temuan bpomAda tips mudah yang pastinya sangat bermanfaat bagi anda ketika akan membeli produk kosmetik. Tips bagimana mendeteksi kosmetik yang mengandung mercury dapat anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan logam mulia emas dan logam lainnya untuk mengetahui keberadaan zat logam berat ini. Caranya sangat mudah. Cukup oleskan kosmetik yang akan anda beli pada punggung tangan anda dan gosokkan emas pada permukaan kulit yang sudah dioleskan kosmetik tadi. Jika pasca penggosokan anda  menjumpai warna hitam pada permukaan kulit yang sudah anda oleskan, maka kosmetik tersebut mengandung bahan berbahaya mercury. Namun jika tidak, kosmetik tersebut bebas dari bahan berbahaya mercury. Namun anda juga tetap harus waspada dengan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Cara yang sama juga bisa anda lakukan pada produk kosmetik lain yang tidak berbentuk krim seperti bedak padat, bedak tabur, lipstik, eyeshadow, dan blush on. Dampak serius yang dapat dialami oleh orang yang rutin menggunakan kosmetik yang mengandung mercury tidak hanya akan berefek pada gangguan kulit dan resiko kanker saja, melainkan juga dapat menimbulkan efek samping lain seperti gangguan ginjal, saraf, tulang belakang, dan otak serta pada akhirnya akan menyebabkan kematian akibat keracunan bahan berbahaya merkuri ini.

Dampak kosmetik bermercury bagi wanita hamil

Pemakain kosmetik yang mengandung mercury juga wajib dihindari oleh wanita hamil karena akan menyebabkan adanya gangguan perkembangan dan pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Maka dari itu, sebaiknnya hindari penggunaan kosmetik pada saat hamil dan menyusui. Paparan mercuruy dalam dosis rendah juga akan menyebabkan diare,muntah, dan pusing. Sederetan gangguan kesehatan ini merupakan hanya sedikit dari dampak penggunaan kosmetik yang mengandung mercury.

20 Merek Kosmetik Temuan BPOM yang Mengandung Merkuri

Pada tahun 2012 lalu, tepatnya tanggal 12 Desember, Badan Pengawas Obat dan Makanan / BPOM mengawasi kosmetik yang disinyalir berbahaya lalu merilis pengumuman resminya. Produk kosmetika hasil razia tersebut mengandung bahan berbahaya seperti pemwarna terlarang, merkuri dan hidrokinon. Dengan memakai zat kimia berbahaya tersebut, biasanya efek penggunaan cream / kosmetika perawatan kulit akan membuahkan hasil dengan cepat, namun akan sangat merugikan organ tubuh, khususnya kulit. Beberapa merek kosmetika yang terjaring razia, yaitu :

  1. VAYALA Sabun Transparan
  2. VAYALA Nightly Cream
  3. VAYALA Daily Cream
  4. DR. Whitening treatment night cream
  5. LIE CHE Whitening Soap
  6. LIE CHE Day Cream
  7. SP Special UV Whitening
  8. LIEN HUA Day Cream (Bunga Teratai)
  9. LIEN HUA Night Cream (Bunga Teratai)
  10. Spesial Pearl Cream Super
  11. Pemutih Sejuta Bintang
  12. Racikan Walet Putih
  13. Day Cream SJ UV White SJ SIN JUNG
  14. Night Cream SJ SIN JUNG
  15. Klip 80″S Day Cream
  16. Klip 80″S Night Cream
  17. Walet Krim (Night Cream Small)
  18. Walet Krim (Day Cream Small)
  19. Pemutih Dokter
  20. Vitamin Pemutih Kecantikan
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (147 votes cast)
20 Merek Kosmetik Temuan BPOM yang Mengandung Merkuri, 3.5 out of 5 based on 147 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya