HOME »» SERBA SERBI

Wow, 220 Jenis Produk Ilegal Senilai Rp 84,7 Juta disita BBPOM Padang

220 Jenis Produk Ilegal Senilai Rp 84,7 Juta disita BBPOM PadangBalai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang terus bergerilya melawan produk illegal yang makin marak tersebar di masyarakat. Hingga bulan Juni 2013, tercatat 220 jenis produksi illegal yang berhasl diamankan. Adapun barang illegal tersebut meliputi produk obat, makanan hingga kosmetik.

Anehnya barang-barang tersebut disita dari beberapa toko obat dan beberapa tempat lainnya. Bahkan sebagian dari obat yang dijual pun tergolong obat keras yang efeknya sangat besar bagi kesehatan. Tidak hanya beresiko jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, tetapi juga bisa menimbulkan resiko dalam jangka pendek.

Dari 220 jenis produk illegal yang berhasl disita BBPOM Padang, 107 diantaranya adalah jenis obat keras. Obat keras ini disita dari beberapa toko obat yang ada di Padang. Sedangkan, 79 jenis lainnya merupakan kosmetik tidak layak edar serta mengandung obat berbahaya. Selain itu ada 21 jenis obat tradisional yang mengandung bahan kimia. Sisanya adalah jenis makanan, diantaranya 9 jenis makanan tidak layak edar dan empat jenis makanan dinyatakan rusak.

Semua produk yang disita oleh BBPOM merupakan salah satu bentuk kerja guna melakukan pengawasan terhadap peredaran obat, kosmetik, serta makanan di Sumatra Barat. Hal ini diamini oleh kepala BBPOM Padang, Indra Ginting yang mengakui bahwa penyitaan yang dilakukan oleh pihaknya tak lain adalah bentuk pengawasan dan tindakan terhadap predaran produk pangan dan pakai di Sumatra Barat. Produk pangan dan pakai meliputi makanan, obat-obatan, suplemen serta kosmetik.

Oleh karena itu, penyitaan yang dilakukan banyak terdiri dari produk illegal dan berbahaya. Seperti contoh obat, makanan, atau barang kosmetik yang tidak memiliki izin produksi. Selain itu, makanan dan obat yang tidak memiliki izin edar, tidak memenuhi standrt penandaan dan laber juga menjadi target penyitaan yang dilakukan BBPOM. Selain itu, peredaran obat dan makanan yang kadaluarsa juga tidak luput dari target BPOM Kosmetik. Dan yang paling berbahaya dan banyak beredar di masyarakat adalah banyaknya obat baik obat keras maupun obat tradisional serta kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Jelas ini menjadi pokok dari penyitaan yang dilakukan oleh BBPOM Padang.

Oleh karena itu, hingga Juni 2013 BBPOM Padang sudah melakukan pemeriksaan terhadap 537 sarana produksi dan distri busi makanan. Dan apabila diketahui ada sarana produksi yang melakukan pelanggaran maka akan mendapat tindakan khusus dari BBPOM meliputi pemeriksaan, peringatan, penindakan, hingga pemusnahan produk.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (3 votes cast)
Wow, 220 Jenis Produk Ilegal Senilai Rp 84,7 Juta disita BBPOM Padang, 3.0 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :