HOME »» ZAT KIMIA

3 Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik

bahan berbahaya dalam kosmetikPara pecinta kosmetik sebainya berhati-hati karena saat ini banyak sekali kosmetik yang beredar di pasaran yang mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh anda. Berikut ini ada info seputar bahan berbahaya dalam kosmetik yang wajib anda ketahui. Bahan yang pertama adalah Anti-bakteri. Bahan ini banyak ditemukan di beberapa produk seperti sabun kecantikan dan juga kosmetik lain yang mudah diserap oleh kulit. Menggunakan kosmetik yang mengandung bahan anti-bakteri sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan gangguan pada fungsi testoteron. Hal ini akan berimbas pada rusaknya beberapa sel bakteri yang malah berguna bagi tubuh kita. Inilah yang menyebabkan peluang timbulnya infeksi menjadi semakin besar ketika seseorang menggunakan kosmetik dengan anti-bakteri secara rutin.

Butil Asetat dan Efek Sampingnya yang Negatif

Bahan yang kedua yang sama bahayanya dengan bahan diatas adalah butil asetat. Bahan ini banyak anda temui di salon-salon kecantikan tempat pedikur atau perawatan kuku. Butil astetat ini ternyata memiliki efek samping yang merugikan bagi tubuh anda yaitu membuat keretakan dan kekeringan pada kulit anda. Ditambah lagi aroma dari bahan yang satu ini juga memberikan efek yang negatif pada diri anda yaitu menyebabkan anda merasa ngangtuk dan juga pusing. Ini tentunya berbahaya bagi anda yang menyetir kendaraan sepulang dari salon atau anda memiliki penyakit yang sensitif dan dapat menyebabkan efek yang fatal jika menghirup bahan ini terlalu lama.

Katonik Surfaktan Bisa Merusak Rambut Anda

Bahan ketiga dari kosmetik yang harus anda hindari adalah Katonik Surfaktan. Bahan yang satu ini mudah ditemui pada produk shampoo kecantikan. Fungsi sebenarnya dari bahan ini adalah sebagai conditioner yang membuat rambut anda menjadi lunak dan memiliki muatan listrik yang positif. Sayangnya jika digunakan secara terus menerus, bahan yang satu ini malah memberikan efek yang sebaliknya pada rambut anda. Bukannya membuatnya semakin bagus, namun malah membuat rambut anda yang awalnya indah menjadi patah, kusam dan rusak. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kepercayaan diri anda, terutama bagi anda yang memiliki profesi penting di masyarakat seperti artis, penyanyi dan lain sebagainya.

Untuk itu hindarilah kosmetik yang mengandung bahan anti-bakteri, butil astetat dan juga katonik surfaktan. Bahan tersebut memang dianggap sebagai bahan yang memiliki fungsi positif oleh sebagian, namun efek negatif yang diberikannya juga bisa berakibat fatal dan kemungkinan terburuk yang terjadi adalah menyebabkan kematian yang mendadak akibat penggunaan kosmetik berbahan kimia yang tidak teratur dan berlebihan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
3 Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :