HOME »» SERBA SERBI

5 Jenis Kulit Manusia pada Umumnya

jenis kulit manusiaKulit merupakan organ tubuh terluar yang kita miliki. Yang membatasi organ tubuh kita dengan dunia luar. Yang melindunginya dari gangguan faktor eksternal tubuh kita. Karenanya peranan kulit sangatlah penting. Dan menjadi sebuah keharusan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatannya. jika anda ingin melakukan perawatan kulit lebih baik kenali jenis kulit anda,. dan sifat-sifatnya agar dapat mencari cara-cara perawatan yang cocok. Ada beberapa jenis kulit yang umum kita kenal. Yakni : jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit sensitif dan kulit normal. Sekali pun jenis kulit yang kita miliki erat kaitannya dengan faktor genetik, namun bisa juga keadaan kulit kita tersebut terjadi akibat penanganan yang kurang tepat. Misalnya, jenis kulit kering yang dikarenakan terlalu sering menggunakan sabun antiseptik.

1. Kulit Normal
Kulit normal biasanya halus dan lembut agak lembab,pori-pori kecil wajah tampak bercahaya dan segar ,peredaran darah yang baik,keringat sedang,minyak tidak kentara,kulit cerah atau bercahaya,tidak mengkilat,elastis tanpa jerawat.

2. Kulit Berminyak
Jenis kulit ini biasanya memiliki pori-pori kulit yang besar-besar seperti kulit jeruk. Sehingga minyak kulit kita menjadi mudah keluar. Membuat kulit kelihatan lengket dan riasan mudah luntur. Jika kulit tidak senantiasa bersih, maka akan menimbulkan jerawat.

Gejala yang dapat dikenali adalah : kulit terasa sangat lengket; tampak begitu berminyak; adanya banyak komedo (bisa sampai menghitam); timbul jerawat bernanah sebagai akibat jerawat sering dipencet; serta nampak noda kecoklatan di dalam kulit akibat pigmen yang tertimbun di lapisan kulit jangat.

3. Kulit Kering
Permukaan kulit halus tetapi kelihatan kering dan tipis, kulit bergaris-garis halus kurang elastis dan mudah merekah,keringat sedikit.

4. Kulit Kombinasi
Pori-pori besar dan kadang berjerawat. Kulit kombinasi antara kering dan berminyak daerah T ( dahi,hidung,dagu ) biasanya mengkilap. Muka bagian samping tampak kering, begitu pula di sekitar mata dan leher. Permukaan muka ada yang halus dan ada yang kasar.

5. Kulit Sensitif
Jenis kulit ini sangat peka terhadap rangsangan faktor luar. Misalnya perubahan cuaca bisa mengakibatkan kulitnya pecah-pecah, memerah dan perih. Kesalahan penggunaan kosmetik akan memperparah kondisi kulit tersebut. Biasanya jenis kulit ini memang telah memiliki riwayat alergi.

Nah ,,dari semua kulit ini manakah yang paling mendekati kulit anda ???

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :