HOME »» ZAT KIMIA

Amankah Hidrokinon Sebagai Zat Pemutih Kulit?

hidrokinonaKulit putih merupakan idaman para wanita Indonesia. Bagi beberapa wanita, kulit putih merupakan daya tarik yang menjadi memopang kecantikan. Tak jarang banyak wanita menggunakan beberapa macam cara untuk memperoleh kulit putih. Salah satu yang sering digunakan adalah dengan menggunakan krim pemutih yang di dalamnya terkandung Hidrokinon.

Tak banyak wanita mengetahui dampak yang diakibatkan zat pemutih ini. Beberapa wanita malah menganggap dampakĀ  yang terjadi setelah menggunakan pemutih ini adalah efek karena kondisi kulit tidak cocok dengan produk pemutih. Padahal, tidak semua itu benar. Berdasarkan ebebrapa penelitian baik dari peneliti ilmiah biasa maupun yang dari Badan POM memang menyebutkan bahwa Hidrokinon memang memiliki dampak buruk bagi kulit. Kulit memar, iritasi, serta berasa seperti terbakar merupakan dampak yang sering muncul akibat menggunakan kosmetik yang mengandung Hidrokinon.

Penggunaan hidrokinon dengan konsentrasi 2 persen jika digunakan dalam jangka panjang maka dapat menyebabkan kulit mengalami Vitiligo dan okronosis eksogen. Sedangkan untuk dampak langsung seperti kulit serasa terbakar, memar dan iritasi sering muncul dalam penggunaan dalam konsentrasi yang lebih tinggi yakni di atas 4 persen.

Adapun yang dimaksud Vitiligo atau Leukoderma Kontak adalah salah satu gangguan kulit yang sering terjadi akibat disfungsi Melanosit. Biasanya kulit yang terkena Vitiligo ini akan mengalami penurunan jumlah pigmen atau zat warna kulit. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa Vitiligo bisa menyebabkan Pigmen menjadi hilang dan tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, kulit akan munculĀ  bintik-bintik hitam atau depigmentasi.

Sedangkan untuk Okronosis okseigen adalah gangguan pada kulit yang biasanya ditandai kulit menjadi biru kehitaman. Penyakit ini sering pulda disebut penyakit Alkaptonusria. Secara keseluruhan, gangguan ini tidak muncul gejala awal, namun dengan sendirinya kulit akan memberi efek yang jelas terhadap penggunaan obat pemutih ini.

Oleh karena itu sudah jelas bagaimana dampak yang tersimpan dalam zat Hidrokinon yang biasanya menjadi salah satu kandungan dalam obat pemutih kulit. Apabila penggunaan zat ini terus-menerus di gunakan sebagai pemutih kukit, maka dampaknya juga akan terasa pada kulit yang menggunakan pemutih tersebut.

Jadi dalam pemilihan pemutih kulit, wanita juga dibutuhkan kecerdasan. Kecerdasan dalam hal memilih obat pemutih yang kadungannya tidak terlalu memberi efek negatif terhadap penggunanya. Karena kalau sudah kulti mendapat terkena dampak dari penggunaan kosmetik, pemutih dan obat kecantikan lainnya, maka resikonya justru bisa merusak warna kulit serta kecantikan penggunanya.

 

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.9/5 (7 votes cast)
Amankah Hidrokinon Sebagai Zat Pemutih Kulit?, 3.9 out of 5 based on 7 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :