HOME »» ZAT KIMIA

Apakah Zat DEA (diethanolamine) Berbahaya ?

Untuk jaman modern seperti ini kemajuan teknologi sangatlah berpengaruh ke semua bidang, tidak terkecuali pada bidang  kecantikan atau kosmetik. Banyak sekali produk kosmetik dengan berbagai merk dan fungsi yang dibuat dan dipasarkan untuk kaum hawa beredar bebas di pasaran. Namun, dibalik nilai positif yang ditawarkan tidak sedikit nilai negatif yang tersimpan dibaliknya. Dengan kata lain banyak sekali produk kecantikan yang berbahaya bila dikonsumsi ditemukan di pasaran.

dea diethanolamineSebagai kaum hawa yang memang tidak bisa dipungkiri bahwa sangat membutuhkan kosmetik, hal ini sangatlah harus diteliti karena dapat menggangu kesehatan bahkan bisa menebar ancaman yang cukup serius. Namun tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk mendeteksi apakah barang kosmetik yang digunakan mengandung bahan yang berbahaya atau tidak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah suatu kosmetik berbahaya atau tidak bagi tubuh anda adalah dengan melihat bahan apa yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah zat DEA (diethanolamine).

Diethanolamine adalah racun yang digunakan dengan DEA cocamide dan  DEA lauraminade, sebagai pengemulsi dan pembuat busa dalam banyak produk perawatan pribadi seperti shampo, krim cukur, body lotion, dan baby soap. Maka dari itu jangan lah membeli atau mengkonsumsi barang kosmetik yang mengandung bahan tersebut karena berbahaya bagi tubuh. Zat DEA ini banyak ditemukan pada shamppo – shampo dan perawatan rambut lainnya yang banyak beredar di pasaran. DEA atau bahann yang biasa disebut juga dengan Duethanolamine ini dianggap sebagai bahan yang bisa menghilangkan ketombe dan obat anti gatal pada rambut. Namun siapa yang mengira jika bahan tersebut terbukti sangat berbahaya apabila terkontaminasi oleh kulit, khususnya kulit kepala anda.

Selain itu, kerugian lain yang dapat ditimbulkan oleh bahan tersebut adalah adalah bisa meghilangkan hormon. Zat penghancur hormon yang terkandung atau yang dimilikinya dapat memberikan efek samping yang negatif pada tubuh anda apabila anda mengkonsumsinya. Ditambah lagi juga dapat menghancurkan kandungan vitamin yang ada didalam tubuh anda. Oleh karena itu segeralah sayangi diri anda untuk menghindari kosmetik yang mengandung DEA  ini karena mengingat efek negatifnya yang lebih menonjol dibanding sisi efek positifnya.

Karena kesehatan sangat mahal harganya maka jagalah tubuh anda dari ancaman kandungan kosmetik yang beredar di pasaran yang menawarkan banyak keuntungan namun dijual dengan harga yang rendah. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai DEA atau Diethanolamine ini. Semoga bermanfaat dan bisa berguna sebagai acuan sebelum mengkonsumsi produk kosmetik ya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (3 votes cast)
Apakah Zat DEA (diethanolamine) Berbahaya ?, 4.7 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :