HOME »» ZAT KIMIA

Asam Retinoat Sebagai Komposisi Kosmetik

Memiliki sebuah kulit yang cantik dan cerah tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai macam cara mereka lakukan untuk membuat mereka tampil cantik dan menarik perhatian orang. Salah satu cara yang para wanita ini lakukan adalah dengan menggunakan kosmetik. Penggunaan kosmetik ini bertujuan untuk menambah daya tarik, mengubah penampilan, membersihkan, dan tentu saja agar tampilan badan semakin menarik dan tetap terjaga. Tapi tahukan anda, salah memilih kosmetik apalagi kosmetik yang anda memiliki kandungan zat yang tidak memenuhi persyaratan dan keamanan dari BPOM (Badan Pemeriksa Obat Dan Makanan) seperti Asam Retinoat, Hidrokinon, Merkuri dan bahan kimia lainnya malah akan menjerumuskan anda ke dalam masalah baru.

asam retinoat

Anda sebagai konsumen wajib mengetahui dan mewaspadai produk-produk kosmetik yang sering ditambahkan bahan kimia berbahaya. BPOM telah mengeluarkan peringantan kepada konsumen bahwa sebanyak 48 merek kosmetik perawatan wajah mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Salah satu bahan kimia yang dimaksud adalah Asam Retinoat (Retinoic acid). Tahukah anda? Zat ini telah dilarang penggunaanya dalam kosmetik berdasarkan Keputusan Kepala Badan POM tahun2008 dan termasuk kedalam salah satu dari 1243 jenis bahan yang dilarang penggunaanya dalam kosmetik. Untuk anda yang penasaran mengenai zat Asam Retinoat ini. Akan kami berikan penjelasannya

Asam Retinoat adalah sebuah zat yang berbentuk asam dan turunan dari vitamin A (Retinol). Biasa disebut juga sebagai Tretinoin (all-trans-retionic acid). Bahan Asam Retinoat ini bisa diperoleh secara bebas ataupun dengan resep dokter. Zat ini sering dimasukkan kedalam kosmetik dengan lebel anti jerawat. Karena zat ini digunakan untuk pengobatan jerawat dan sekarang malah sering dipakai untuk mengatasi kerusakan kulit akibat sundmage ( terkena sinar mata) dan untuk pemutih.

Lalu Bagaimana Asam Retinoat ini Bekerja? Kulit manusia memiliki Reseptor (Sebuah sel sensoris khusus yang merespon jenis stimulus tertentu dan mengirimkannya ke saraf pusat) untuk asam retinoat yang berlkokasi di dalam sel (Intraseluler). Jika asam Retrinoat ini mengikat reseptornya. Maka akan terjadi transkripsi gen yang akan menstimulasi replikasi dan difrensiasi sel. Bahasa mudahnya adalah, dengan proses tadi, sel-sel kulit yang rusak karena paparan sinar matahari akan diperbaiki dan efek lainnya adalah berkurangnya keriput.

Mungkin setelah melihat pemaparan diatas, anda akan berfikir. Berarti tidak masalah dong jika saya menggunakan kosmetik yang mengandung zat ini? Eit.. tunggu dulu. Akan kami paparkan efek dari zat ini.

1. Efek jika digunakan dengan cara Topikal
Sebelumnya, Topikal adalah Memberikan obat secara lokal pada kulit. Nah jika anda menginakan secara topikal asam retinoat ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Kulit seperti terbakar, terutama bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif.

2. Efek jika digunakan dengan cara Peroral
Peroral adalah memberikan obat melalui mulut. Dalam artian mengkonsumsi secara langsung dengan memasukkan ke badan. Jika anda menggunakan zat inisecara sistemik seperti Peroral, efeknya adalah teratogenik yaitu menyebabkan abnormalitas perkembangan janin dalam kandungan.

Walaupun efek yang paling tampak adalah pada penggunaan sistemik. Tetapi dengan penggunaan di luar atau dioleskan di kulit. Dalam jangka waktu lama juga di hawatirkan zat retinoat tersebut akan teserap kedalam tubuh dan mempengaruhi janin pada pengguna yang sedang hamil

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Asam Retinoat Sebagai Komposisi Kosmetik, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :