HOME »» ZAT KIMIA

Bahan Berbahaya dalam Kosmetik

bahan berbahaya dalam kosmetik Semakin lama wanita modern semakin perhatian dengan kualitas kecantikan wajah mereka. Hal tersebut didukung oleh banyaknya jenis produk perawatan kecantikan atau kosmetik yang tersedia dipasaran. Namun banyak pula wanita yang mengeluh karena mengalami gangguan kesehatan setelah memakai produk kosmetik tertentu. Hal tersebut terjadi karena mereka memakai kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan. Guna menghindari hal yang sama, anda harus jeli mengenai kandungan-kandungan berbahaya apa yang ada pada produk kosmetik. Kandungan berbahaya yang pertama adalah merkuri. Kandungan ini amat berbahaya pada kesehatan kulit tentunya dan juga dapat menyebabkan kanker bila dipakai secara terus menerus. Memang benar produk kecantikan atau kosmetik berbahan merkuri akan memberikan efek signifikan pada peningkatan kualitas kulit, namun anda harus waspada mengenai efek samping pula. Kandungan kedua yang berbahaya adalah Methyl Paraben. Pada umumnya para produsen kosmetik akan menggunakan bahan tersebut sebagai pembunuh bakteri dengan tujuan membuat produk kecantikan yang mereka pasarkan dapat lebih tahan lama dan awet. Namun disamping efek positif tersebut, pada kenyataannya bahan berbahaya dalam kosmetik tersebut dapat berdampak pula pada kesehatan kulit.

Selain kandungan diatas yang digunakan untuk membuat suatu produk kecantikan tahan lama, ada satu lagi bahan kosmetik yang berbahaya yang digunakan untuk tujuan yang serupa yaitu Formaldehyde. Bahan tersebut perlu anda ketahui biasa digunakan sebagai pengawet mayat atau mumi. Bisa dibayangkan bila anda membeli produk kecantikan dengan kandungan tersebut bukan? Bahan berikutnya yang harus diwaspadai ketika anda memilih produk kosmetik khususnya hairspray adalah PVP Capolymer. Sudah banyak sekali orang yang menderita masalah kesehatan tertentu khususnya yang berkaitan dengan paru-paru karena menggunakan produk kosmetik berbahan tersebut. Perlu anda tahu bahwa bahan berbahaya dalam kosmetik itu dibuat atau berasal dari minyak tanah yang tentu saja tak baik bagi kesehatan manusia khususnya paru-paru.

Produk kecantikan atau kosmetik sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan wajah, produk pembersih rambut juga digolongkan sebagai kosmetik. Bahan yang perlu diwaspadai bila anda membeli produk pembersih rambut adalah Sodium Sulfate. Produsen kosmetik berbahaya menggunakan bahan tersebut untuk menciptakan busa yang lebih banyak tentunya ketika penggunaan. Namun sebagai konsumen yang waspada terhadap bahan berbahaya dalam kosmetik, bahan tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan seperti kerontokan rambut, iritasi, dan lain sebagainya. Satu lagi bahan yang perlu diwaspadai adalah TEA. Biasanya bahan tersebut digunakan pada produk pembersih wajah untuk penyeimbang Ph. Namun dampak pada kesehatan adalah munculnya alergi kulit.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Bahan Berbahaya dalam Kosmetik, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya