HOME »» ZAT KIMIA

Waspadai Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kosmetik

bahan kimia berbahaya dalam kosmetikMaraknya penggunaan kosmetik untuk mempercantik wajah dan kulit tentu menjadikan persaingan antar merek kosmetik menjadi semakin ketat dan berlomba – lomba untuk menawarkan produk kecantikan yang mampu memberikan hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat. Hal ini seringkali menjadi bumerang bagi para konsumen itu sendiri karena ternyata beberapa produk kecantikan menggunakan bahan – bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang dapat membahayakan kulit dan juga berbahaya bagi kesehatan. Belakangan ini, isu adanya zat kimia berbahaya sering diisukan terhadap beberapa produk kosmetik yang membuat para konsumen menjadi resah. BPOM sendiri juga telah mengumumkan beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya dan melarang produk tersebut beredar.

Beberapa Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kosmetik

Ada beberapa jenis bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang seharusnya tidak boleh digunakan pada kosmetik seperti Hidrokinon (Hydroquinone), merkuri, Rhodamin B, dan Tretinoin. Hydrokinon adalah zat kimia yang menghambat produksi melanin sehingga membuat kulit terlihat lebih putih. Bahan kimia ini tidak boleh lebih dari dua persen dan tidak boleh digunakan untuk jangka panjang karena dapat menyebabkan kelainan fungsi hati, ginjal, dan leukimia. Merkuri juga merupakan salah satu zat berbahaya yang biasa terdapat pada produk pemutih. Padahal merkuri atau air raksa adalah logam berat yang dapat berbahaya bagi tubuh walaupun hanya digunakan dalam jumlah kecil. Rhodamin B adalah bahan kimia yang berfungsi memerahkan wajah. Bahan kimia ini ternyata dapat menyebabkan kanker, kerusakan hati, dan mengiritasi pernafasan. Rhodamin B sebenarnya adalah bahan kimia pewarna tekstil yang dimasukkan ke dalam kosmetik. Selain bahan – bahan diatas, Tretinoin adalah bahan kimia berbahaya yang tidak boleh digunakan karena bahan kimia ini dapat menyebabkan kulit kering dan menimbulkan rasa terbakar. Bahan ini biasanya dimasukkan ke dalam produk anti jerawat dan produk pemutih kulit.

Ciri – Ciri Kosmetik Berbahaya

Bagi anda yang ingin terhindari dari produk kecantikan yang menggunakan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik, anda bisa melihat ciri – ciri yang ditimbulkan oleh produk tersebut. Kosmetik yang berbahaya biasanya menghasilkan efek yang dapat langsung terlihat. Misalnya setelah pemakaian teratur 3 hari kulit menjadi terlihat lebih cerah. Ciri – ciri lain adalah munculnya iritasi di awal pemakaian kosmetik misalnya wajah menjadi kemerahan, pusing, gatal – gatal, muntah, rasa terbakar, dll. Selain itu,  ciri lain bisa berupa wajah menjadi merah jika terkena sinar matahari, flek hitam meluas, warna kulit kemali hitam ketika pemakaian produk dihentikan, wajah terlihat berminyak, dan kulit terasa terbakar saat terkena panas matahari.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :