HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Bahan Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM

kosmetik berbahaya menurut bpomUntuk bisa tampil cantik dan menarik di depan orang lain, wanita memiliki senjata tersendiri yang bernama kosmetik. Banyak wanita yang bisa merasa lebih percaya diri dengan pemapilannya setelah menggunakan kosmetik untuk memulas wajah dan tubuhnya. Saat ini dengan menggunakan teknologi dan penelitian yang canggih, berbagai macam produk kosmetik dapat diciptakan dan dipasarkan kepada masyarakat luas. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang bertanggung jawab untuk mengontrol peredaran segala maca produk obat dan kosmetik di Indonesia secara rutin melakukan penelitian dengan mengecek produk – produk kosmetik yang beredar di pasaran. Pengecekan yang dilakukan bertujuan untuk mencari apakah terdapat produk dengan bahan – bahan yang berbahaya di dalamnya yang beredar di pasaran.

Bahan berbahaya dalam kosmetik

Tidak hanya mengatur dan mengecek kandungan dari produk – produk kosmetik yang berbahaya di pasaran, BPOM juga memberikan himbauan dan penyuluhan kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas. Teliti sebelum membeli menjadi cara yang tepat untuk bisa memastikan apakah kosmetik yang anda beli tidak akan berdampak buruk pada wajah dan kulit anda. Beragamnya produk – produk yang beredar dengan harga yang bersaing menjadikan semakin banyak pilihan yang akan membuat anda merasa tidak tenang dan tidak nyaman. Bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokinon, asam retinoid, dan bahan pewarna merah yang berbahaya kadang kala terdapat dalam produk kosmetik buatan produsen illegal. Setiap produk akan melalui berbagai macam penelitian dan uji kelayakan sebelum bisa mendapatkan ijin produksi dan nomor ijin edar yang dikeluarkan oleh BPOM.

Penarikan produk berbahaya untuk keselamatan konsumen

Dengan melakukan survey tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, para petugas BPOM mendatangi dan memeriksa produk – produk kosmetik yang ada di pasaran. Setiap produk yang mencurigakan dan diduga mengandung bahan yang berbahaya akan disita dan dilakukan berbagai penelitian yang lebih lanjut tentang kandungan produk tersebut. Produk – produk yang dinilai sebagai kosmetik berbahaya menurut bpom akan langsung ditarik dari peredaran. Produk – produk yang menggunakan bahan – bahan yang berbahaya menurut BPOM ini, akan dimusnahkan dan dicabut ijin edarnya agar tidak ada konsumen yang merasakan akibat buruk dari produk – produk ini. BPOM memang selalu ingin menjaga keselamatan dan kesehatan para konsumen Indonesia. Penyuluhan yang dilakukan dengan rutin juga terus berjalan agar masyarakat semakin paham tentang pentingnya meneliti bahan produk sebelum membelinya. Konsumen yang pintar akan bisa memilih produk yang terbaik dan aman untuk kesehatan tubuhnya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (2 votes cast)
Bahan Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM, 3.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya