HOME »» ZAT KIMIA

Bahan Pengawet Paraben untuk Kosmetik

bahan pengawet parabenMemanjakan diri, agaknya adalah sesuatu yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi, Khususnya kaum hawa loh. Tidak dapat dipungkiri, sebagai seorang wanita pastinya harus mengikuti tren yang paling terbaru supaya tetap trendy dan menarik kan? Apalagi soal perawatan tubuh dan wajah, duh ga ada abisnya deh. Wanita tidak segan – segan merogoh  kantong lebih dan lebih dalam lagi loh, mulai dari mengunjungi rumah – rumah cantik atau biasa kita sebut salon, hingga membeli kosmetik – kosmetik dengan harga selangit.

Banyak sekali produk kecantikan yang bermunculan dengan tawaran yang menggiurkan, mulai dari krim, pembersih muka, lipstick hingga beragam sabun mandi yang menjanjikan perubahan pada kulit wanita seperti menghaluskan kulit, memutihkan kulit hingga melawan penuaan dini. Namun, maraknya produk kecantikan ini membuat wanita tidak teliti sebelum membeli, sehingga wanita tidak begitu mengerti tentang kandungan yang ada didalam produk kosmetik tersebut. Kali ini kami akan membahas bahan pengawet paraben yang biasanya terdapat pada kosmetik dan deodoran.

Bahan Pengawet Paraben mulanya diperuntukkan pada kosmetik untuk memhambat pertumbuhan jamur atau mikroba. Namun Paraben juga digunakan untuk makanan, detergen hingga obat-obatan. Pada kosmetik, Bahan Pengawet Paraben ini diperuntukan sesuai dosis yang sudah ditetapkan oleh BPOM (Peraturan Kepala BPOM No: HK.00.05.42.1018) yaitu bahan pengawet jenis ester (p-hydroxybenzoic acid ) ini hanya boleh digunakan dengan kadar 0,4 % untuk ester tunggal dan 0,8% untuk ester campuran. Lebih dari itu tidak diperkenankan.

Namun, Zat Paraben masih banyak mengundang kontroversi, ada beberapa penelitian menunjukan bahwa zet kimia ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang sangat serius seperti kanker dan kesuburan pada pria. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleah Kyoto Prefectural University of Medicine, menunjukkan bahwa Zat Paraben yang aman dikonsumsi-pun bisa menjadi racun yang sangat berbahaya saat terkena cahaya matahari langsung.

Berbeda pendapat dengan Kyoto Prefectural University of Medicine, para ilmuan dari FDA menyatakan bahwa Bahan Pengawet Paraben aman, Yap memang fakta dilapangan membuktikan, Bahan Pengawet Paraben memang merupakan zat pengawet yang paling banyak didunia akibat keberhasilannya . Hampir semua produk kosmetik ternyata mengandung Bahan Pengawet Paraben loh, Diperkirakan 90% dari semua produk kosmetik menggunakan satu hingga lebih zat pengawet paraben. Hal ini dikarenakan kecilnya resiko yang ditimbulkan oleh zat ini seperti iritasi kulit.

Setiap bahan kimia yang disematkan dikulit, pastinya dapat menyebabkan kelainan kulit loh, Bahkan bila digunakan secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi yang super hebat loh, bahayanya lagi zat ini dapat meningkatkan resiko kanker payudara serta mempercepat pertumbuhan kanker tsb. Ya ampun penyakit paling menakutkan bagi wanita loh itu.

Nah, sebagai kaum hawa ada baiknya lebih teliti kan dalam memilih produk kosmetik! Dibanding menyesal nantinya. Sekian ya informasi dari kami. Semoga bisa bermanfaat ya Girls :) .

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.3/5 (3 votes cast)
Bahan Pengawet Paraben untuk Kosmetik, 3.3 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya