HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Bahaya Kosmetika Tanpa izin

daftar kosmetika berbahayaTren kecantikan dan fesyen sejatinya memiliki arah yang positif bagi perkembangan kebudayaan manusia. Namun, karena ambisinya yang berlebihan, manusia bisa terjebak dalam tren tersebut. Apalagi, tren kecantikan dan fesyen termasuk memiliki perputaran yang sangat cepat. Sehingga, orang-orang yang berada di lingkar luar kedua bidang tersebut jarang yang bisa mengikutinya dengan baik, dan terkadang langkahnya kedodoran dalam menyusul tren tersebut. Maka, cara instan pun sering sekali ditempuh. Misalnya saja cara instan untuk mengikuti tren kecantikan di mana wanita pasti cantik bila memiliki tubuh langsing, yaitu dengan meminum ramuan pelangsing tubuh. Dan wanita yang mati-matian berusaha melangsingkan tubuhnya bisa jadi tidak mencermati asal minuman atau ramuan yang dikonsumsinya dalam upaya tersebut. Begitu pun tren kecantikan memiliki wajah mulus, tidak berjerawat atau tidak berbintik hitam sama sekali, tidak ada keriput, pori-pori kecil, warna kulit wajah gelap atau putih. Karena begitu berhasratnya untuk bisa memenuhi semua syarat kecantikan tersebut, wanita mungkin akan segera memakai kosmetik—krim, cairan, larutan, padatan, dan lain-lain—yang dapat mewujudkan hal itu. Karena hasratnya ini, ia barangkali asal saja memakai kosmetik atau obat kecantikan apa pun tanpa memeriksanya lagi.

Gejala Memakai Kosmetik Berbahaya

Padahal di pasaran, banyak kosmetik dan obat kecantikan yang termasuk dalam daftar kosmetika berbahaya. Kosmetik yang masuk ke dalam daftar tersebut ditengarai cukup laris karena harganya yang murah dan bisa mewujudkan kesempurnaan yang diinginkan dengan cepat. Sementara itu, kosmetik yang tercantum dalam daftar kosmetika berbahaya memiliki indikasi mengandung bahan merkuri yang dapat mengancam kesehatan dan keselamatan konsumennya. Gejala awal adalah kulit gatal-gatal dan panas, serta bengkak kemerahan bisa langsung muncul segera setelah mengoleskan kosmetik yang tidak jelas asal-usulnya.

Membedakan Kosmetik Dokter dengan yang Abal-abal

Bila kosmetik tersebut diaku-aku merupakan resep dokter, jelas merupakan pembohongan publik. Sebab, dokter spesialis akan meresepkan satu item untuk satu jenis kosmetik—krim, bedak padat, bedak tabor, gincu, atau bentuk kosmetik apa pun itu—khusus kepada tiap-tiap pasien, seorang pasien pasti memiliki karakteristik masalah kulit yang berbeda-beda sehingga komposisi krim atau kosmetik lainnya pun berlainan. Bahkan—jauh dari penipuan bahwa itu racikan dokter dan mendapat izin BPOM—proses pembuatan kosmetik yang masuk dalam daftar kosmetika berbahaya pun asal-asalan dan bisa dikatakan ceroboh—ada yang hanya diaduk-aduk dan dikocok dengan tangan secara langsung tanpa mengenakan sarung tangan—sehingga kesterilan dan kehigienisannya patut diragukan. Yang awalnya berharap wajah menjadi lebih mulus, malah tekstur kulit makin kasar dan rusak.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
Bahaya Kosmetika Tanpa izin, 2.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :