HOME »» ZAT KIMIA

Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Dapat Mengancam Nyawa Anda

bahaya merkuri pada kosmetikTahukah anda bahwa pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri tidak hanya membahayakan diri anda, tetapi juga orang terdekat anda? Logam berat yang satu ini mampu merusak sistem saraf dan ginjal pengguna kosmetik yang mengandung bahan tersebut. Tetapi tidak hanya penguna kosmetik tersebut yang bisa terkena dampak negatifnya, orang terdekat yang menyentuh kulit wanita yang memakainya pun bisa terkena penyakit gara-gara merkuri yang masuk kepori-pori.

Selain itu, perkembangan janin pun akan terhambat karena masuknya merkuri ke janin. Otak anak pun akan mengalami gangguan dalam perkembangannya sehingga menyebabkan autisme pada anak. Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya anda menghentikan pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri.

Bahaya merkuri ternyata lebih parah

Bahaya merkuri pada kosmetik tidak hanya akan berdampak buruk pada anda dan orang terdekat tetapi juga pada lingkungan serta wantia lain yang tidak anda kenal. Sisa dari merkuri dalam kosmetik yang anda pakai akan terbuang dan masuk kesaluran air. Merkuri tersebut akan membentuk senyawa lain dengan nama metil merkuri. Metil merkuri akan mengalir lewat sungai hingga kelaut. Hal ini sangat berbahaya karena senyawa ini bisa terakumulasi di hewan laut seperti ikan.

Jika ada wanita hamil yang memakan ikan yang telah tercemar maka hal ini bisa berbahaya karena senyawa tersebut bisa masuk ke bayi yang dikandungnya sehingga perkembangan saraf pada bayi tersebut dapat terganggu.

Selamatkan diri anda dan lingkungan

Setelah anda membaca penjelasan di atas maka tentu anda mengerti seberapa parah bahaya merkuri pada kosmetik yang anda pakai. Maka dari sekarang hindari pemakaian kosmetik tersebut dan mulailah beralih pada kosmetik yang mempunyai izin BPOM karena selain mengunakan barang-barang legal anda juga dapat menjaga kesehataan anda, orang yang anda sayang serta lingkungan anda.

Sebelum anda membeli kosmetik maka ingatlah bahaya merkuri pada kosmetik yang bisa mengancam nyawa anda. Jangan tergoda oleh harga yang murah atau penawaran yang luar biasa, terlebih untuk kosmetik yang dijual secara online. Biasanya kosmetik tersebut tidak mempunyai izin edar serta mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Selain itu anda sebagai penguna kosmetik juga sebaiknya mulai mempelajari hal-hal tentang kosmetik, karena di luar sana banyak kosmetik yang dijual tanpa memperhitungkan keamanan pemakai. Dengan mempelajari hal-hal tentang kosmetik, anda dapat terhidar dari kosmetik yang berbahaya bagi anda dan lingkungan. Selain itu anda juga bisa mengedukasi rekan kerja atau keluarga sehingga mereka tidak menjadi korban produk-produk ilegal.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.5/5 (2 votes cast)
Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Dapat Mengancam Nyawa Anda, 2.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya