HOME »» ZAT KIMIA

Bahaya Zat ‘MEA’ di Dalam Kosmetik anda

mea monoethanolamineMenjaga penampilan merupakan merupakan sebuah keharusan di masyarakat modern ini. Terutama para kaum wanita. Biasanya, agar mereka tampil cantik dan menarik. Mereka tak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan. Banyaknya salon atau rumah-rumah kecantikan juga tentu menjadi salah satu jadi trendnya dimana seseorang tiap bulannya harus melakukan perawatan agar kaum wanita ini bisa tampil lebih percaya diri. Sebenarnya melakukan perawatan kecantikan ini sah-sah saja. Asal bahan-bahan untuk anda melakukan perawatan termasuk kosmetik dam perawatan kecantikan lainnya terbebas dari zat berbahaya. Zat berbahaya ini biasanya ada terkandung didalam kosmetik yang anda gunakan, contoh ada zat MEA (Monoethanolamine), Polietilen Glikol, dan zat-zat berbahaya lainnya yang jika digunakan untuk tubuh memiliki efet negatif.

Menurut Perkumpulan Ahli Dermatologi, di beberapa negara Eropa dan Amerika. Salah satu contoh kosmetik yang sering memakai bahan-bahan berbahaya ini adalah produk-produk perawatan kulit. Produk tersebut biasanya memiliki campuran bermacam-macam bahan. Untuk itu, anda sebagai konsumen harus memperhatikan komposisi seperti bahan anti mikroba, bahan anti oksidan, bahan aktif, bahan pengawet, parfum, serta zat warna. Salah satu produsen kosmetik ternama di Inggris ,menyebutkan bahwa setiap harinya kaum perempuan terpapar 515 bahan kimia dari berbagai produk kecantikan.  Bahan kimia tersebut biasanya adalah bahan dasar untuk produk-produk kecantikan seperti pembersih ,pelembab kulit, perawatan rambut, dan beberapa produk kecantikan lainnya.

Yang perlu anda sadari bahwa bahan bahan tersebut tidak hanya merusak kulit anda tetapi juga akan menganggu kesehatan anda jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa diantaranya malah dapat digolongkan sebagai bahan karsinogenik (zat yang bisa menyebabkan kanker) dan digunakan oleh perusahaan kosmetik karena bahan tersebut relatif murah.

Salah satu bahan kimia yang akan kami bahas disini adalah yang bernama MEA atau bisa disebut juga Monoethanolamine. Menurut wikipedia, MEA ini adalah senyawa organik dari golongan amina primer, sekaligus merupakan golongan alkohol primer. Tidak seperti senyawa amina lainnya, etanolamina lebih bersifat basa meskipun lemah. Zat berbahaya yang satu ini biasanya terdapat di produk perawatan kulit dan produk kosmetik. Seperti contoh Gelembung Sabun, body washes, sampo, sabun and dan pembersih facial.

Efek dari bahan kimia ini adalah Jika anda menggunakan kosmetik yang terdapat kandungan MEA, gejala yang biasa terjadi adalah reaksi alergi atau bisa juga gatal-gatal di kulit. Dan jika zat ini terus menerus masuk ke tubuh kita, dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker hati dan kanker ginjal.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Bahaya Zat 'MEA' di Dalam Kosmetik anda, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :