HOME »» ZAT KIMIA

Hati-hati, Banyak Kosmetik Mengandung Merkuri

produk kosmetik mengandung merkuriBeberapa waktu yang lalu BPOM pernah melakukan survei dan mengecek kosmetik yang dijual di pasar-pasar di pulau Jawa.  Hasilnya sungguh luar biasa, banyak kosmetik yang mengandung bahan  berbahaya seperti merkuri beredar luas dipasaran. Beberapa produk dijual dengan harga yang terjangkau beberapa lagi dijual cukup mahal hingga ratusan ribu rupiah.

Kosmetik mengandung merkuri yang dijual dipasaran ini tentu saja sangat berbahaya bagi masyarakat. Meskipun mempunyai efek yang cepat dalam mempercantik wajah, tetapi pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Efek negatif kosmetik yang mengandung merkuri

Kosmetik mengandung merkuri mempunyai efek negatif yang bisa dilihat pada kulit serta wajah si pemakai. Kulit serta wajah akan terlihat memerah jika terkena sinar matahari, serta kadang-kadang terasa gatal. Kulit pun akan mengalami iritasi serta alergi yang cukup mengganggu. Bila pemakaian dihentikan atau pengguna lupa memakainya pada hari tertentu, maka kulit wajah menjadi gatal serta muncul jerawat kecil. Setelah itu bintik-bintik hitam akan muncul di bawah kulit.

Semakin lama penyakit yang diderita akan semakin parah bahkan mengancam kesehatan. Merkuri yang terlalu banyak dalam tubuh bisa menyebaban rusak ginjal, gangguan pada kerja syaraf, kanker kulit, kelainan pada janin dan berbagai penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Tips dalam membeli dan memakai kosmetik

Agar anda tidak salah dalam membeli kosmetik maka ada baiknya memperhatikan tips berikut ini.

1. Pilih produk kecantikan yang mempunyai izin dari BPOM

Produk yang mempunyai sertifikat dari BPOM tentu merupakan produk yang legal dan tidak memakai bahan yang ilegal. Dengan begini anda bisa mengurangi resiko membeli produk yang berbahaya bagi kesehatan anda.

2. Hentikan pemakaian jika merasa kurang nyaman

kosmetik mengandung merkuri sangat buruk bagi kesehatan wajah anda, pemakaian  pada tahap awalpun akan menunjukan gejala-gejala yang kurang nyaman. Jika anda merasa ada gejala-gejala yang mengganggu, contoh seperti iritasi atau alergi pada kulit maka ada baiknya untuk segera menghentikan pemakaian.

3. Kunjungi website resmi

Perusahaan yang kredibel tentu mempunyai website yang bisa membantu para konsumen. Di dalam website itu biasanya akan tertera informasi-informasi penting seputar perusahaan dan produk dari perusahaan tersebut. Kunjungi website mereka untuk mendapatkan informasi penting tentang produk mereka. Hal ini berguna agar anda terhindar dari barang palsu yang beredar dipasaran. Seperti yang kita ketahui banyak penjual yang memalsukan merek terkenal hanya demi meraih keuntungan tanpa mempedulikan konsumen. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam melakukan pembelian.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Hati-hati, Banyak Kosmetik Mengandung Merkuri, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :