HOME »» PEMUTIH KULIT

Bahaya Bedak Pemutih Wajah bagi Wanita Hamil

bedak pemutih wajahSemua wanita pastinya ingin terlihat cantik dan menarik pada saat tampil di depan public. Salah satu cara agar wajah terlihat lebih cantik dan menarik adalah dengan menggunakan make up seperti krim wajah, bedak, eyeliner, eye shadow, blush on, dan masih banyak bagian make up lainnya. Namun beberapa penelitian menunjukan bahwa terdapat kosmetik tertentu yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah jika digunakan secara rutin. Bedak pemutih wajah, misalnya, adalah salah satu jenis kosmetik yang berbahaya bagi kulit wajah. Meskipun berkhasiat memutihkan kulit wajah, namun kandungan bahan-bahan kimia yang terdapat pada bedak disinyalir sebagai bahan-bahan kimia berbahaya yang sangat tidak baik jika masuk ke dalam tubuh melalui kulit.

Efek penggunaan bedak pemutih wajah

Efek dari penggunaan bedak pemutih wajah yang diduga mengandung bahan-bahan berbahaya antara lain: iritasi kulit yang dapat menyebabkan infeksi akut (seperti merah-merah disertai gatal) dan gangguan kesehatan serius seperti resiko terkena penyakit kanker khususnya kanker kulit yang tentu saja sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian bagi penderita kanker. Terlebih lagi bagi wanita hamil, efek bahaya bedak pemutih wajah juga akan berakibat buruk pada kesehatan janin yang sedang dikandung. Gangguan pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak janin adalah hanyalah beberapa contoh gangguan kesehatan  yang kemungkinan akan dialami oleh si janin. Maka  dari itu, wanita hamil sebaiknya menghentikan pemakaian bedak pemutih wajah dan beberapa jenis make up lainnya yang diduga berbahaya bagi kesehatan bunda dan calon si buah hati.

Kandungan zat berbahaya pada bedak pemutih wajah

Pada umumnya jenis kosmetik  pemutih wajah seperti krim dan bedak pemutih wajah mengandung beberapa jenis bahan-bahan kimia berbahaya seperti: merkuri, hydroquinone, dan retinoid. Bahan kimia merkuria adalah bahan kimia yang cukup familiar dan sering ditemukan di beberapa jenis kosmetik seperti krim dan bedak merk tertentu. Brand/ merk terkenal sekalipun bukan jaminan untuk bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti merkuri dan lain sebagainya. Merkuri, misalnya, bahan kimia yang dapat menyebabkan adanya gangguan pertumbuhan sel-sel terutama pada janin (terganggunya pertumbuhan sel-sel sarafnya).

Hydroquinone merupakan bahan kimia yang terdapat pada kosmetik yang biasanya akan menimbulkan efek kemerahan dan bintik hitam pada kulit wajah. Dan retinoid, bahan kimia berbahaya lainnya yang umumnya terdapat dalam kosmetik, dapat menyebabkan cacat pada janin.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.3/5 (6 votes cast)
Bahaya Bedak Pemutih Wajah bagi Wanita Hamil, 2.3 out of 5 based on 6 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :