HOME »» ZAT KIMIA

Bolehkah Rhodamin B Digunakan Sebagai Zat Pewarna Kosmetik ?

rhodamin bDahulu kala di Indonesia, mayoritas kaum wanitanya pastilah menyirih. Ini bukan tanpa alasan loh, kaum wanita melakukan ini untuk mewarnai bibir mereka secara alami agar terlihat lebih menarik di depan kaum pria. Dahulu memang kaum wanita masih mengandalkan tumbuhan untuk sekedar mempercantik diri. Yaap, di zaman yang modern ini banyak sekali produk – produk perona bibir dengan harga yang juga beragam loh, namun apakah kamu tahu bahwa ternyata perona bibir yang banyak terdapat dipasaran mengandung pewarna merah K10 atau sering disebut Bolehkah?

Apa tuh Rhodamin B ? Rhodamin B adalah zat pewarna teksil yang biasanya digunakan untuk pewarna kertas, tekstil ataupun tinta. loh kok bisa? Bahaya dong? Betul banget, Rhodamin B memang sangatlah berbahaya. Bayangkan saja saat kamu menggunakannya, tak sengaja perona yang kamu oleskan di bibir indahmu bisa saja tertelan karena jaraknya yang memang berdekatan dengan mulut. Lipstik yang mengandung Rhodamin B dan dipakai secara terus menerus dapat berakibat fatal loh. Mulai dari iritasi gangguan saluran pencernaan, liver (hati), hingga kanker karena Rhodamin B merupakan zat karsinogenik (penyebab kanker). Ih serem kan?

Padahal Rhodamine B sudah dilarang penggunaanya sejak tahun 2006 oleh pemerintah, pemerintah juga sudah mengeluarkan peringatan agar kosmetik yang mengandung Rhodamin B tidak dipasarkan lagi. Namun banyaknya produsen – produsen yang nakal, membuat lipstik yang mengandung Rhodamin B masih banyak beredar dipasaran. Nah, mau gak mau sebagai konsumen dan pencinta kosmetik, kamu harus lebih teliti dalam memilih produk yang akan kamu beli. Terlebih lagi tentang bahan – bahan yang terkandung pada kosmetik tersebut, sehingga kita bisa terhindar dari kosmetik yang mengandung banyak bahan berbahaya seperti Rhodamine B.

Berikut adalah tips memilih lipstik yang aman :

  • Belilah lipstik yang sudah dipastikan asli dan yang terjamin mutu kualitasnya.
  • Jangan mudah tergiur dengan barang branded yang dijual dengan harga murah, atau jauh dibawah harga normal.
  • Warna pada lipstik palsu biasanya lebih terang dari aslinya dan lebih mencolok mata, selain itu juga memiliki bau yang yang sangat menyengat hidung.
  • Lebih teliti terhadap kode pendaftaran di label lipstik, apakah barang yang mau dibeli sudah terdaftar di BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan), Untuk hal ini bisa di cek di website.

Nah, sudah tahu kan sedikit banyak tentang bahaya dari Rhodamin B ini. Buat kaum hawa yang memang gemar dengan kosmetik diharuskan untuk lebih berhati – hati dan teliti lagi sebelum mengkonsumsinya. Sekian informasi dari kami semoga bermanfaat yaa Girls.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/5 (2 votes cast)
Bolehkah Rhodamin B Digunakan Sebagai Zat Pewarna Kosmetik ?, 2.0 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :