HOME »» Uncategorized

BPOM Banten Gagalkan Penjualan Kosmetik Palsu Miliaran

BPOM Banten Gagalkan Penjualan Kosmetik Palsu Senilai Miliaran Rupiah

BPOM Banten Gagalkan Penjualan Kosmetik Palsu Senilai Miliaran Rupiah

BPOM Banten gagalkan penjualan kosmetik palsu dari tangan seorang tersangka di wilayah Banten. Kosmetik palsu dari berbagai merk terkenal ini diperkirakan bernilai miliaran rupiah. Keberhasilan BPOM Banten dalam mengungkap kasus ini, berawal dari razia gabungan yang dilakukan BPOM Banten  serta jajaran Polda Metro Jaya  yang juga ikut serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banten di sejumlah lokasi tempat penjualan kosmetik.

Dari hasil razia tersebut, petugas menemukan sejumlah kosmetik terkenal yang dipalsukan. Kosmetik palsu ini diantaranya, Citra Day and Night Cream, Garnier Light dan New RDL Papaya. Dari hasil uji sampel yang dilakukan BPOM terhadap sejumlah kosmetik tersebut  diketahui mengandung bahan kimia berbahaya.

Investigasi pun dilakukan dan kecurigaan mengarah ke seseorang yang berdomisili di wilayah Tangerang Banten yang adalah residivis dan dalam kasus yang sama yang merupakan pemain lama dalam bisnis penjualan kosmetik palsu. Dari tangan tersangka petugas menyita puluhan ribu produk yang bernilai miliaran rupiah, dari 35 merk kosmetik dan beberapa merk diantaranya sudah tak asing lagi di masyarakat.

BPOM Banten Gagalkan Penjualan Kosmetik Palsu di 3 Lokasi Berbeda

Penggerebekan yang dilakukan di rumah tersangka yang berada di kompleks perumahan yang berada di wilayah Tangerang ini akhirnya mngungkap dua lokasi lain yang juga dijadikan pabrik dan tempat meyimpan kosmetik palsu hasil produksi industri rumahan illegal ini. Sedikitnya ada 23 ribuan produk kosmetik palsu dari berbagai merk yang disita di tiga lokasi tersebut. Kosmetik-kosmetik palsu tersebut rencananya akan didistribusikan di sejumlah kota yang ada di Indonesia.  Tersangka  diketahui sudah sejak  lama melakukan usaha ilegalnya. Tersangka juga sebelumnya pernah dipidana dalam kasus pemalsuan kosmetik.

Dari pengakuan tersangka, dirinya menjalani bisnis ini sejak tahun 2003. Dan pada tahun 2012 lalu, dirinya sempat  dipenjarakan karena kasus seperti ini. Sejauh ini pihak terkait  terus melakukan upaya untuk memutus mata rantai jaringan peredaran kosmetik palsu. Sementara, terkait penggerebekan yang dilakukan BPOM Banten dan pihak terkait lainnya di 3 lokasi ini, masyarakat sekitar mengaku tidak mengetahui jika aktifitas yang dilakukan pelaku ini illegal dan melanggar hukum. Warga berharap pelaku diberi  efek jera agar tidak mengulangi perbuatannya.

BPOM Banten gagalkan penjualan kosmetik palsu ini diharapkan mata rantai penjualannya terputus. Dengan terbongkarnya kasus kosmetik palsu ini, masyarakat makin berharap banyak pada pihak-pihak terkait agar lebih intens lagi melakukan upaya-upaya pemberantasan peredaran kosmetik palsu, semisal mengintensifkan razia kosmetik yang beredar dipasaran, juga melakukan pemantauan lebih ketat lagi terkait pendistribusian kometik. Bagi pengguna kosmetik diharapkan lebih teliti lagi ketika membeli kosmetik. Pada dasarnya kosmetik palsu dapat dilihat dari ciri fisik kemasannya, selain harganya yang relative lebih murah dari harga aslinya.***

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
BPOM Banten Gagalkan Penjualan Kosmetik Palsu Miliaran, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :