HOME »» SERBA SERBI

BPOM Gorontalo Musnahkan Kosmetik Tanpa Izin Edar

bpom gorontalo musnahkan kosmetik tanpa izinBPOM Gorontalo terus melakukan pengawasn dan pemeriksaan terhadap keberadaan kosmetik illegal yang terus merebak di pasaran. Terakhir, badan yang memang bertugas untuk mengawasi obat dan makanan ini melakukan pemeriksaan di sejumlah toko yang terdapat di pasar sentra Gorontalo. Hasilnya, BPOM berhasil mengamankan beberapa produk kosmetik tanpa izin edar.

Diakui oleh Adjis Sanjaya yang bertindak sebagai Seksi Pemeriksaan, Penyidikan, Sertifikasi dan Layanan Informasi BPOM Gorontalo, menyebutkan bahwa pihaknya menyita beberapa kosmetik illegal yang dijual bebas di pasar Sentra Gorontalo. Kosmetik illegal tersebut salah satunya adalah merk pewarna kuku. Pihak BPOM Gorontalo menyita merk perwarna kuku yang tidak dilengkapi izin edar serta keterangan dalam bentu bahasa Indonesia.

Tidak hanya pewarna kuku, beberapa barang kosmetik lain seperti pelembab bibir dan kulit yang sudah melewati batas waktu atau kadaluarsa. Dengan tegas BPOM Gorontalo langsumg memusnahkan barang tidak resmi tersebut.

Melihat tindakan yang dilakukan BPOM yang langsung menyita beberapa kosmetik illegal, para penjual atau pemilik toko sontak langsung kaget. Menurutnya pihak penjual sama sekali tidak mengetahui bahwa produk yang dijualnya merupakan barang tidak layak edar serta kadaluarsa. Ketidak tahuan pedagang mengenai barang yang dijual ini juga diakui oleh Adjis Sanjaya. Menurutnya para pedagang kebanyakan masih belum tahu cara membedakan antara produk kosmetik yang illegal atau tidak layak edar maupun yang berijin. Hal inilah yang membuat pihaknya terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan. Selain melakukan pemeriksaan, Adjis mengakui bahwa sampai saat ini juga pihaknya melakukan sosialisasi kepada pedagang untuk cara membedakan produk berizin dengan yang illegal.

Selain melakukan pemeriksaan dan sosialisasi, BPOM juga melakukan membula laporan pengaduan bagi konsumen di nomor 04358703732 serta laporan melalui website resmi BPOM di www.pom.go.id. Tujuan dari BPOM melakukan pengaduan konsumen tak lain agar apabila masyarakat menemukan barang yang tidak layak edar segera melaporkan pada BPOM.

Selain BPOM menemukan kosmetik illegal di sentra pasar Gorontalo, juga menemukan beberapa produk minuman yang sudah kadaluarsa namun masih beredar di beberapa toko. Bahkan diakui oleh beberapa pedagang kalau barang dagangannnya yang ditarik oleh BPOM adalah barang yang dipasok beberapa minggu lalu. Jelas hal ini membuat para pedagang sedikit shock dan kaget. Dan memang para pedagang di pasar sentra jarang sekali melakukan pengecekan mengenai tanggal kadaluarsa barang dagangannya. Para pedagang kebanyakan sudah mempercayai pihak distributor mengenai kualitas barang yang dijualnya, termasuk tanggal kadaluarsa barang tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.5/5 (2 votes cast)
BPOM Gorontalo Musnahkan Kosmetik Tanpa Izin Edar, 2.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :