HOME »» ZAT KIMIA

Ciri-Ciri Kosmetik Bermerkuri

ciri-ciri kosmetik bermerkuriMenjadi seorang wanita yang memiliki penampilan yang sempurna pastinya dambaan banyak orang. Bukanlah suatu hal yang aneh apabila pada akhirnya banyak wanita yang memutuskan untuk menghabiskan banyak uang mereka untuk membeli bermacam-macam produk kecantikan. Sayangnya, banyak konsumen produk-produk ini tidak menyadari bahwa beberapa produk telah dilarang di pasaran karena terbukti mengandung merkuri. Apa itu merkuri? Pada tahun 1900-an, zat ini biasa digunakan sebagai bahan peluntur dan sabun. Ia digunakan produk kecantikan karena kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Sayangnya, apabila kulit terpapar zat ini dalam waktu yang lama, beberapa gangguan serius dapat terjadi pada penggunanya. Yang paling  ringan adalah iritasi kulit, sementara yang paling parah adalah kerusakan syaraf dan ginjal. Alih-alih mendapatkan kulit yang cerah dan cantik, penggunaan jangka panjang malah dapat menyebabkan kematian. Tentunya, anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada anda. Untuk itu, cermat dalam memilih sebuah produk kecantikan adalah hal yang wajib anda lakukan. Lalu pertanyaan yang muncul berikutnya adalah, bagaimana anda bisa mengenali sebuah produk yang aman dan bebas dari merkuri? Simple saja. Berikut adalah ciri-ciri kosmetik bermerkuri yang harus anda hindari.

Ciri-Ciri Kosmetik Bermerkuri

Anda harus waspada apabila produk krim kecantikan yang anda pakai lengket dan kasar. Apabila krim tersebut tidak menyatu (dalam arti minyak dan bahan-bahan lain di dalamnya akan terpisah setelah didiamkan dalam jangka waktu tertentu) anda harus mulai menghentikan penggunaan krim tersebut. Jangan memilih produk yang memiliki bau menyengat. Produsen produk berbahaya akan menggunakan berbagai macam cara agar bau khas merkuri, yang berupa bau logam, agar tidak tercium oleh konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan parfum yang sangat kuat untuk menyamarkan bau mercury tersebut. Karena tidak menggunakan perwarna khusus kosmetik, warna yang dihasilkan pun terkesan jauh lebih mencolok dan mengkilat. Produk bermerkuri biasanya menggunakan perwarna tekstil, membuatnya menjadi jauh lebih berbahaya dari sebelumnya mengingat perwarna tekstil juga tidak baik untuk tubuh.

Jika pada saat penggunaan atau pengolesan produk kepada kulit menyebabkan kulit menjadi panas dan gatal, ada baiknya anda mulai menghentikan penggunaan. Kulit yang terpapar merkuri juhga akan menderita iritasi apabila ia mendapat sinar matahari. Selain itu, karena sifatnya yang merusak lapisan kulit, kulit anda tidak akan tumbuh jerawat lagi. Bintik-bintik hitam juga bisa ditemukan pada beberapa kasus. Apabila anda menemukan gejala atau ciri-ciri di atas, ada baiknya anda lebih waspada dalam memilih sebuah produk kecantikan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.7/5 (3 votes cast)
Ciri-Ciri Kosmetik Bermerkuri, 2.7 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :