HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Daftar Kosmetik Berbahaya 2011 Temuan Badan POM

daftar kosmetik berbahaya 2011Pemakaian kosmetik merupakan hal yang tidak bisa dihindari terutama oleh para wanita di zaman modern seperti sekarang. Kosmetik bahkan sudah dipergunakan sejak zaman Mesir kuno. Istri-istri raja di zaman Mesir kuno telah menggunakan semacam ramuan dari tumbuh-tumbuhan yang dapat memerahkan bibir atau memutihkan kulit wajah mereka. Namun seiring perkembangan zaman, bahan-bahan alami sebagai bahan dasar kosmetik telah diganti dengan bahan-bahan kimiawi yang berbahaya bagi kulit. Hal tersebut dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan ketidak tahuan para pemakai kosmetik demi mengeruk keuntungan sebesar-besarnya tanpa memedulikan kesehatan orang lain. Daftar kosmetik berbahaya 2011 lalu diumumkan oleh BPOM Republik Indonesia dalam rangka mengantisipasi dan mencegah para pemakai kosmetik di wilayah hukum Indonesia untuk menggunakan kosmetik yang termasuk ke dalam daftar tersebut agar terhindar dari dampak buruk bagi kesehatan akibat menggunakan kosmetika tersebut.

BPOM RI memang merupakan instansi yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap produk obat serta makanan termasuk di dalamnya produk kosmetik yang beredar di wilayah hukum Indonesia. Pengungkapan peredaran kosmetika ilegal merupakan salah satu bentuk tanggung jawab BPOM dalam menjalankan amanat serta tugasnya untuk menjaga agar tidak timbul kerugian yang dialami  masyarakat Indonesia akibat mengonsumsi atau memakai obat serta makanan yang memiliki kandungan zat berbahaya di dalamnya.

Daftar kosmetik berbahaya 2011 yang dikeluarkan BPOM RI mencakup produk perawatan kecantikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, seperti  produk perawatan rambut, produk perawatan wajah, produk perawatan tubuh, serta produk perawatan kesehatan kaki. Produk-produk tersebut dianggap berbahaya karena memiliki kandungan zat-zat kimiawi yang berbahaya bagi kesehatan sesuai dengan daftar produk yang dilarang oleh Kementrian Kesehatan untuk digunakan dalam produk kosmetik seperti  hidrokinon, merkuri, dan zat pewarna buatan yang hanya boleh digunakan sebagai pewarna tekstil.

Adapun beberapa nama merk kosmetik yang dinyatakan berbahaya tersebut, sebagai berikut : TAILAIMEI,TIANNUO Lipstick Paris, IZOUCA Eye Shadow, JUST MISS Lip Color Lipstick No.41, FEVES Color Cream, yang mana disinyalir mengandung bahan warna berbahaya. Ada juga nama SBM-2 Cream dan SB-3 Cream yang mengandung hidrokinon, serta merek VAYALA Cream, LIEN HUA cream, dan Walet Krim yang mengandung merkuri. Masih banyak lagi merek-merek produk perawatan wajah ilegal temuan BPOM pada tahun 2011 lalu yang mencapai 0,7% dari total peredaran semua produk dari berbagai produsen.

Tujuan BPOM merilis daftar kosmetik berbahaya pada tahun 2011 lalu adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat produk kosmetik mana saja dan dengan merk apa saja yang mengandung zat kimia berbahaya. Setelah diberi tahu, diharapkan masyarakat dapat mengenali serta menghindari pemakaian produk-produk tersebut.

Daftar merek kosmetika yang sudah diumumkan itu juga dapat dijadikan dasar hukum bagi BPOM untuk memerintahkan perusahaan pembuat produk tersebut menarik peredarannya di seluruh wilayah hukum Indonesia, dan bila masih ada perusahaan yang tidak menaatinya dapat diajukan ke muka hukum untuk diadili.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.7/5 (7 votes cast)
Daftar Kosmetik Berbahaya 2011 Temuan Badan POM, 3.7 out of 5 based on 7 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya