HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Daftar Kosmetik Berbahaya 2012

daftar kosmetik berbahaya 2012Kosmetik sebagai salah satu perlengkapan kecantikan perlu kewaspadaan tinggi dalam memilih produk mana yang akan anda beli dan pakai. Berhati- hatilah karena sudah banyak produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya untuk manusia. Penggunaan rhodamin B, hidrokinon, dan juga merkuri sudah banyak ditemukan dalam kandungan kosmetik. Meskipun sudah banyak oknum yang ditangkap terutama produsen yang bersangkutan, tapi kini masih banyak produk kosmetik yang masih tersebar di pasaran mengandung bahan-bahan berbahaya. Perlu diketahui, penggunaan bahan-bahan kimia tersebut dilarang karena dapat membahayakan bagi kesehatan si pemakai produk kosmetik. Namun terkadang si pemakai tidak sadar karena efek yang timbul dalam jangka panjang. Penggunaan bahan tersebut masih sering dilakukan karena memang efek dari suatu produk kosmetik lebih cepat terlihat jika menggunakan bahan tersebut semisal pemutih atau pembersih.

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan merupakan satu-satunya lembaga yang mempunyai wewenang dalam menguji dan memberikan sertifikasi aman dan halal dari suatu produk termasuk produk kosmetik. Pihak BPOM memberikan daftar kosmetik berbahaya untuk publik agar masyarakat tahu produk mana yang berbahaya sehingga bisa lebih teliti dalam memilih produk kosmetik. Meskipun produsen sudah ditangkap dan semua produk ditarik, terdakang masih ada beberapa produk yang tesisa di pasaran. BPOM sudah mengantungi daftar nama lebih dari 1000 produk kosmetik yang terbukti berbahaya. Bahkan ada beberapa diantaranya merupakan produk-produk kosmetik yang ilegal. Tak semua produk kosmetik memperoleh sertifikasi dari BPOM. Bahkan ada beberapa yang tak berani untuk diuji cobakan di BPOM. Pada tahun 2009, terdapat 70 produk yang dianggap berbahaya dan akhirnya dimasukkan kedalam daftar kosmetik berbahaya.

Daftar Kosmetik yang Mengandung Hidrokinon

Pada akhir tahun 2012 kemarin, BPOM memberikan daftar baru tentang daftar kosmetik berbahaya. Daftar tersebut dibagi menurut jenis kandungan yang ditemukan didalamnya yaitu kandungan merkuri, pewarna yang berbahaya, dan juga hidrokonin. Selain itu produk kosmetik yang terungkap menggunakan bahan berbahaya terdapat berbagai jenis macamnya mulai dari pemutih, sabun kecantikan, perlengkapan make up, hingga produk perawatan rambut seperti pewarna rambut. Bahkan beberapa produk tersebut berada di klinik kecantikan. Hal ini menunjukkan bahwa segala jenis produk kosmetik entah berada di pasaran bebas atau klinik kecantikan bukan berati bebas dan aman sampai sebelum diteliti oleh BPOM. Anda dapat mengakses dengan mudah daftar kosmetik berbahaya di website resmi BPOM yang selalu diupdate. berikut ini beberapa kosmetik temuan BPOM yang mengandung Hidrokinon :

1. SB-2 Cream
2. SBM-2 Cream
3. SL-2 Cream.
4. SBM-1 Cream
5. SB-3 Cream
6. SB-1 Cream

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.3/5 (19 votes cast)
Daftar Kosmetik Berbahaya 2012, 3.3 out of 5 based on 19 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :