HOME »» SERBA SERBI

Fakta Tentang Kosmetik Terlarang

kosmetik terlarangApakah anda termasuk dalam kalangan kaum muda yang kini tengah dibingungkan dalam hal memilih kosmetik yang tepat untuk berbagai jenis kulit anda? Atau anda sedang dipusingkan memilih manakah kosmetik yang mengandung bahan alami dan tanpa mengandung merkuri?

Memilih kosmetik yang tepat dan sehat merupakan suatu keharusan bagi siapapun yang menginginkan wajah dengan lebih cerah dan cantik. Namun sayangnya kini tengah banyak dijumpai kosmetik terlarang dan memiliki banyak kandungan bahan kimia terlarang, khususnya merkuri.

Fakta kosmetik terlarang

Badan POM merupakan badan yang bergerak dalam pengawasan produk obat dan makanan yang layak digunakan sehari-hari. Kerja badan POM rasanya harus lebih ekstra karena peredaran kosmetik terlarang di indonesia sangat marak. Umumnya kosmetik tersebut merupakan hasil produk indusri yang dikelola dalam skala kecil dan tak memiliki izin, sehingga dalam pemberantasannya sangat susah. Selain itu, penyebab banyaknya kosmetik terlarang ini beredar luas di pasaran adalah karena mudahnya akses penjual nakal dalam menyuplai bahan kimia terlarang tersebut. Bahan-bahan berbahaya layaknya raksa (merkuri) sangat mudah untuk didapatkan di berbagai toko bahan kimia. Padahal undang-undang sendiri telah mengatur peredarannya.

Lemahnya pengawasan hukum terhadap peredaran bahan kimia berbahaya ini juga sering dikeluhkan oleh banyak kalangan tak terkecuali masyarakat yang dirugikan. Sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan serta pengawasan ekstra.

Peran masyarakat dalam pembatasan peredaran kosmetik terlarang

  1. Badan POM, mengawasi berbagai kandungan kosmetik serta apa saja isi kandungan bahannya.
  2. Pihak kepolisian, peran kepolisian merupakan hal yang paling urgent mengingat aparat yang berwenang merupakan pihak yang bisa melakukan tindakan tegas untuk para pelanggar. Hukum serta undang-undang harus ditegakkan sehingga masyarakat merasa nyaman dan mendapatkan rasa aman. Jaminan inilah yang selama ini belum didapatkan oleh sebagian besar masyarakat tanah air, khususnya dalam hal kosmetik.
  3. Orang tua. Sebagai orang tua yang juga ikut berperan dalam pertumbuhan anak-anaknya, maka sudah sepatutnya untuk melakukan pengawasan serta pengarahan agar anak-anak tidak salah dalam memilih kosmetik. Meski harga bukanlah suatu tolok ukur pasti akan keamanan kosmetik yang akan digunakan, namun dengan memilih suatu produk yang asli dan halal akan membuat anak-anak terhindar dari bahaya kosmetik terlarang.
  4. Penjual obat ada kosmetik. Tentunya sebagai pengedar atau agen langsung maka tentunya ini juga menjadi tanggung jawab besar ang harus diemban. Menjadi pedagang kosmetik yang terpercaya dengan hanya memilih menjual barang yang asli dan aman adalah keharusan.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Fakta Tentang Kosmetik Terlarang, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :