HOME »» SERBA SERBI

Gunakan Kosmetik Ilegal, Beberapa Dokter di Jawa Tengah Diamankan

beberapa dokter di jawa tengah diamankanPenggerebekan yang dilakukan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jawa Tengah di sebuah rumah, di kawasan perumahan elit, Purwokerto,  ternyata tidak hanya menghaslkan satu tersangka berinisial S, melainkan juga beberapa dokter yang kena imbasnya. Dalam penggerebekan yang dilakukan di Perumahan Permata Hijau Blok 8 Nomor 57, Purwokerto itu, BBPOM menyita barang bukti berupa ratusan dos kosmetik illegal. Kosmetik-kosmetik illegal tersebut diketahui mengandung Bahan Kimia Obat yang berbahaya bagi kesehatan.

Kosmetik illegal tersebut sama sekali tidak memiliki izin produksi serta izin edar. Tidak hanya masalah izin yang belum jelas, setelah dilakukan penelitian di sebuah laboratorium, kosmetik illegal tersebut ternyata mengandung bahan yang berbahaya.

Sampai saat ini, pihak BBPOM sudah menangkap satu orang tersangka dan beberapa saksi dalam kasus ini. Seperti yang diakui Zulaimah, Kepala BBPOM Semarang yang menyebutkan bahwa pihaknya sudah menetapkan satu orang tersangka dari kasus pabrik kosmetik illegal CV DSE, Purwokerto. Tidak hanya satu tersangka dan beberapa saksi lain, namun BBPOM Semarang juga mengamankan sejumalh dokter yang diketahui menggunakan produk illegal tersebut.

Dokter-dokter yang diamankan tidak  hanya berasal dari Cilacap, beberapa dokter justru berasal dari kota lain di Jawa Tengah. Bahkan Zulaimah menambahkan bahwa empat dari enam dokter menggunakan kosmetik illegal dari Purwokerto itu.

Jelas tersangkutnya beberapa dokter dalam kasus ini sedikit banyak mencoreng nama dinas kesehatan atau kosrp berbaju putih itu. Bagaimana tiuna, dokter yang sepatutnya menjadi panutan dalam menggunakan obat kesehatan ataupun kosmetik ternyata justru menggunakan kosmetik illegal. Memang diakui bahwa kosmetik illegal yang digunakan para dokter itu memiliki harga yang jauh lebih murah. Namun, tentunya hal ini sangat menyimpang dari ketentuan kesehatan.

Beberapa dokter dari daerah lain di Jawa Tengah yang juga diamankan berasal dari Klaten dan Kudus. Tentunya BBPOM juga menyita beberapa barang bukti berupa kosmetik illegal dari dokter-dokter tersebut. Tidak tanggung-tanggung, nilai yang disita dari masing-masing dokter bermasalah tersebut mencapai Rp 30 juta. Adapun Dokter-dokter tersebut beralih dirinya tidak tahu bahwa kosmetik yang digunakannya selama ini adalah illegal.

BBPOM selaku badan pengawas obat dan makanan akan segera melaporkan kejadian ini pada dinas kesehatan kabupaten ataupun provinsi. Karena bagaimanapun juga, yang memiliki kewenangan penuh pada dokter tersebut adalah dinas kesehatan terkait. Enteh anntinya dokter bermasalah tersebut akan mendapat pembinaan profesi atau lainnya adalah hak penuh dari dinas kesehatan setempat.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.7/5 (3 votes cast)
Gunakan Kosmetik Ilegal, Beberapa Dokter di Jawa Tengah Diamankan, 3.7 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :