HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Kandungan Zat Dalam Daftar Kosmetik Berbahaya

daftar kosmetik berbahayaAwal tahun 2013 ini para wanita Indonesia digemparkan dengan beberapa merk  kosmetik baik merk terkenal maupun merk yang tidak ternama dimasukan ke dalam daftar kosmetik berbahaya menurut BPOM. Berita yang cukup menggemparkan ini tentunya menjadi peringatan bagi kita para wanita Indonesia untuk selalu berhati-hati dalam memilih kosmetik atau produk perawatan kecantikan lainnya. Produk-produk kosmetik dan perawatan kecantikan yang termasuk dalam daftar kosmetik berbahaya versi BPOM ini tentunya memiliki kandungan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Kira-kira kandungan bahan apa saja yang sangat berbahaya bagi kulit kita, berikut sedikit review seputar bahan-bahan berbahaya yang umumnya terkandung dalam daftar kosmetik berbahaya.

Kandungan zat berbahaya pada daftar kosmetik berbahaya

Zat atau bahan berbahaya pada kosmetik atau produk perawatan kecantikan yang pertama adalah mercury. Merkuri atau Raksa (Hg) ini biasanya terdapat krim atau bedak pemutih wajah di mana krim atau bedak pemutih ini memiliki kemampuan yang cepat dalam memutihkanw kulit wajah. Merkuri ini tergolong sebagai zat yang sangat beracun dan bersifat karsinogenik di mana zat ini dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Adapun efek yang dapat ditimbulkan oleh pemakain kosmetik yang mengandung zat merkuri antara lain: terjadi alergi, perubahan warna kulit yang signifikan, terjadi bercak-becak pada kulit, terjadi iritasi, dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada saraf, ginjal, dan otak, gangguan kesehatan dan perkembangan pada janin, muntah dan diare.

Hidrokinon pada daftar kosmetik berbahaya

Bahan atau zat berbahaya yang terdapat pada daftar kosmetik berbahaya yang kedua adalah hidrokinon. Zat ini tergolong sebagai obat keras dan mudah larut dalam air. Zat hidrokinon ini memiliki peran sebagai zat antioksidan yang mana zat ini dapat menghambat proses melanogenesis yaitu proses pembentukan melanin pada kulit . Akibatnya, zat ini mampu mengurangi warna gelap pada kulit. Efek berbahaya yang dapat ditimbulkan oleh kosmetik yang mengandung zat hidrokinon antara lain: kulit terbakar, iritasi, vitiligo (pigmen kulit hilang), hingga okronosis yaitu kulit menjadi  hitam atau biru.  Bahan berbahaya berikutnya adalah Rodamin B. Rodamin B merupakan pewarna sintetis yang umumnya digunakan pada industry tekstil dan kertas. Sebagai zat yang memiliki peran sebagai zat yang berbahaya, Rodamin B ini juga dipakai sebagai bahan pewarna pada kosmetik seperti lipstik, eye shadow, dan blush on.  Jika terkena tubuh, zat ini akan menimbulkan gangguan –gangguan pada kulit seperti iritasi kulit, iritasi mata, dan kanker kulit.  Daftar kosmetik berbahaya pada tahun 2013 ini yang kedapatan mengandung Hidrokinon, yaitu : SB-2 Cream, SBM-1 Cream, SL-2 Cream, SBM-2 Cream, SB-3 Cream, SB-1 Cream.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.4/5 (7 votes cast)
Kandungan Zat Dalam Daftar Kosmetik Berbahaya , 4.4 out of 5 based on 7 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya