HOME »» Uncategorized

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Mineral Oil Untuk Kulit?

Apa Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Mineral Oil Untuk Kulit

Apa Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Mineral Oil Untuk Kulit

Penggunaan mineral oil untuk kulit telah banyak dipakai di berbagai industri. Mulai dari sebagai bahan bakar transportasi, hingga untuk kepentingan industri  kosmetika sediaan semipadat. Mineral oil terkandung dalam hampir seluruh jenis kosmetik berupa sediaan semipadat seperti krim, salep dan lotion, dimana  mineral oil digunakan sebagai basis sediaan. Namun, tahukah kamu apa itu mineral oil, mengapa dipilih sebagai basis kosmetik serta kelebihan dan kekurangan dari mineral oil? Yuk, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Mineral oil merupakan minyak bumi mentah yang telah dimurnikan. Mineral oil bersifat tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak mudah terbakar. Mineral oil memiliki viskositas yang cukup tinggi sehingga dalam sediaan krim, lotion, salep dapat berfungsi sebagai pemberi karakteristik dan kekentalan sediaan. Selain itu dengan sifat non-polar dari mineral oil, penggunaan bahan ini dalam kosmetika diharapkan dapat menahan penguapan air dari kulit.

Kelebihan dari Penggunaan Mineral Oil untuk Kulit

Berdasarkan beberapa kajian, penggunaan mineral oil tidaklah memberikan manfaat yang berarti bagi kulit, dikarenakan tidak adanya nutrisi yang terkandung dalam mineral oil. Satu-satunya hal yang berkaitan dengan tujuan mineral oil terhadap kosmetik adalah kemampuan mencegah penguapan air yang berlebihan dari kulit, dengan kata lain adalah untuk menjaga kelembaban kulit.

Selain menjaga kelembaban, tidak ada hal penting dari mineral oil yang bermanfaat bagi kulit. Hanya saja harga jual dari mineral oil cukup murah dan persediaannya cukup melimpah sehinga  mudah didapat. Hal inilah yang menarik pihak industri untuk menjadikan mineral oil sebagai basis kosmetika. Selain biaya produksi yang dapat ditekan, otomatis harga jual juga tidak akan melambung tinggi, sehingga dapat dterjangkau oleh konsumen dari berbagai kalangan.

Kekurangan dari Penggunaan Mineral Oil untuk Kulit

Meskipun terlihat tidak berbahaya untuk kulit, apabila ditelusuri lebih lanjut, mineral oil ternyata kurang baik untuk kulit. Mengapa demikian?

  1. Kemungkinan Mengandung Toksin

Mineral oil memiliki tingkatan kemurnian. Tingkatan paling tinggi cukup aman bagi kulit dan banyak digunakan untuk kosmetik, sedangkan tingkat kemurnian rendah memiliki kandungan logam dan senyawa berbahaya lainnya sehingga hanya diperuntukkan sebagai diesel. Hanya saja, terdapat kemungkinan kontaminan mineral oil hidrokarbon yang tidak baik bagi tubuh.

  1. Mengakbatkan Infeksi dengan menyumbat pori-pori

Pada dasarnya mineral oil memiliki sifat komedogenik yakni dapat meningkatkan resiko terbentuknya komeo melalui penyumbatan pori-pori. Tentu saja, hal tersebut akan terminimalisir jika yang digunakan adalah mineral oil yang benar-benar murni. Efek lanjutan yang berbahaya dari kasus tersumbatnya pori-pori adalah fakta bahwa hampir di pori-pori kulit terdapat kuman (seperti bakteri). Dengan tersumbatnya pori-pori, maka bakteri akan tingal di kulit dan dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, segeralah basuh kulit kamu setelah pemakaian lotion atau kosmetika lain yang mengandung mineral oil.

Penggunaan Mineral oil untuk kulit tidaklah dilarang. Namun, apabila kamu menggunakan produk yang mengandung mineral oil , ingatlah selalu untuk membersihkannya dari kulit. Pemakaian yang terlalu sering dan berlebihan sebenarnya tidak dianjurkan, karena dapat membuat pori-pori kulit tertutup dalam waktu yang sering dan lama sehingga membuat kulit sulit bernafas dan membuang toksik. Selain itu, pemakaian pada kulit yang berminyak akan memicu tumbuhnya jerawat. Jadi sebaiknya batasilah penggunaan mineral oil, dan alangkah baiknya jika kamu beralih ke produk kosmetik yang berbahan alami

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (2 votes cast)
Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Mineral Oil Untuk Kulit?, 4.0 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :