HOME »» ZAT KIMIA

Kandungan Zat Berbahaya pada Kosmetik Berbahaya 2012

kosmetik berbahaya 2012Tentunya sebagai wanita, kita mengidamkan kulit yang sehat dan cantik alami. Namun untuk mewujudkannya terkesan sulit. Namun baru-baru ini telah banyak jenis kosmetik yang menawarkan  hasil pemakaian kosmetik yang cukup instan namun hasil yang sangat memuaskkan. Dan sudah banyak kaum hawa yang memcobanya. Hasilnya pun cukup signifikan. Kulit wajah menjadi lebih halus, lebih putih, dan tidak berjerawat. Sebenarnya apa yang membuat kulit wajah mereka berubah menjadi nyaris cantik sempurna hanya dalam waktu yang relative singkat? Ternyata rahasianya ada pada kandungan zat yang terdapat pada produk-produk kosmetik tersebut. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa sebagian besar produk kosmetik sekarang ini memiliki kandungan zat yang berbahaya. Kandungan zat-zat berbahaya tersebut tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan kulit wajah kita.  Merkuri, Rodamin B, Hidrokinon adalah tiga zat berbahaya yang sering sekali ditemukan pada kosmetik berbahaya 2012. Adapun zat-zat berbahaya lainnya yang mengintai kita para wanita.

Zat pada Kosmetik Berbahaya 2012

Zat  yang biasa terdapat pada kosmetik berbahaya 2012 adalah asam retinoat atau tretinoin atau retinoic acid (Retin-A). Zat ini adalah bentuk aktif dan bentuk asam dari vitamin A (retinol) yang terkandung dalam kosmetik berbahaya. Umumnya zat ini dipakai pada krim anti jerawat, krim pemutih, dan krim pencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Salah satu efek dari pemakaian bentuk asam dan bentuk aktif vitamin A ini adalah dapat menghambat pembentukan pigmen melanin pada kulit. Zat ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan bagi wanita hamil, pemakaian kosmetik yang mengadung zat retin A ini dapat berpotensi menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin serta dapat menyebabkan cacat pada janin. Ada pula hasil razia BPOM tahun 2012 lalu menemukan sejumlah kosmetika dengan pewarna yang dilarang, seperti : JUST MISS Lip Color Lipstick No.41, FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red, FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red (NA), FEVES Color Cream 5.36 Golden Cupprum, POND’S Beauty Care Make Up Lipstick Colorful Eye Shadow Two Way Cake (pink), IZOUCA Eye Shadow Two Way Cake with Pearl Nutrient, TAILAIMEI 3 in 1 Two way cake and eye shadow no.A3, TIANNUO Lipstick Paris.

Kandungan Zat Triethanolamine (TEA)

Zat Triethanolamine (TEA) yang biasa digunakan pada pembersih wajah ternyata dapat menyebabkan alergi kulit, iritasi pada mata, serta dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Dan efek yang paling berbahaya dari pemakaian pembersih wajah yang mengandung zat ini adalah jika terserap tubuh, tubuh akan teracuni oleh zart kimia berbahaya ini. Zat berbahaya berikutnya adalah Imidazolidinyl Urea  dan Diazolidinyl Urea.  Kedua zat ini merupakan zat pengawet paad kosmetik yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Layaknya formalin, kedua zat ini juga merupakan zat  pengawet jenazah. Anda bisa bayangkan bahaya apa yang akan anda alami jika kedua zat ini masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Lebih amannya, sebaiknya anda gunakan kosmetik berbahan herbal atau bila perlu gunakan bahan-bahan alami asli seperti jeruk nipis, alpukat, dll sebagai bahan perawatan kecantikan anda.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (2 votes cast)
Kandungan Zat Berbahaya pada Kosmetik Berbahaya 2012, 4.0 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya