HOME »» HALAL HARAM

Sertifikasi Kosmetik Halal oleh MUI

kosmetik halalIsu mengenai hal produk halal yang menjadi perhatian di Indonesia biasanya lebih fokus pada bahan makanan. Tetapi sebenarnya, selain makanan kita sebagai umat muslim juga perlu memperhatikan hal lain, contohnya adalah kosmetik halal yang kita pakai. Karena bisa jadi kosmetika yang kita pakai mengandung zat haram

Beberapa kosmetik memakai bahan yang jelas dilarang oleh agama islam. Selain bahan yang tidak halal pun, proses dari quality control, bangunan tempat pembuatan, peralatan yang dipakai serta personil yang terlibat mampu mempengaruhi kualitas serta status halal dari kosmetik tersebut.

Meskipun kosmetik bukanlah barang yang masuk secara langsung ke dalam tubuh kita tetapi tetap saja jika mengandung bahan-bahan haram maka kosmetik tersebut juga haram hukumnya. Beberapa produk perawatan kulit bekerja dengan masuk kedalam aliran darah sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih cantik, beberapa lagi hanya bersifat menempel pada tubuh, tetapi jika produk tersebut mengandung bahan haram seperti gliserin, alkohol atau bahan kimia yang berbahaya maka pengunakan kosmetik tersebut dilarang oleh islam.

Beruntung, di Indonesia sendiri sudah ada badan sertifikasi yang menangani kosmetik halal. Badan tersebut adalah LPPOM-MUI . Beberapa kosmetik sudah di sertifikasi halal namun sayang sekali banyak produsen yang belum mendaftarkan produk mereka. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat indonesia dalam memilih kosmetik yang halal. Umumnya mereka lebih takut pada bahan-bahan berbahaya yang digunakan.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin membeli kosmetik halal.

  • Legalitas produk kosmetik

Agar lebih aman maka usahakan untuk membeli kosmetik yang legal. Untuk mengetahui suatu produk legal atau tidak maka perhatikan nomor pendaftaran yang diberikan oleh BPOM. Untuk produk lokal, kode pendaftarannya adalah CD sementara untuk produk import kodenya adalah CL.

  • Komposisi bahan

Perhatikan daftar komposisi bahan kosmetik yang akan anda beli. Carilah kosmetik yang mempunyai daftar komposisi yang lengkap agar mempermudah anda dalam menentukan pilihan. Selain itu, perbanyak juga pengetahuan tentang bahan-bahan yang halal, mashbooh dan haram. Dengan begitu anda dapat lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan untuk memilih kosmetik halal.

  • Nama dan alamat produsen yang jelas

Perhatikan label kemasan produk kosmetik, nama dan alamat produsen harus jelas tercantum di sana, karena selain mempermudah akses untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hal itu juga bisa dijadikan sebagai acuan apakah barang tersebut legal atau tidak.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.4/5 (5 votes cast)
Sertifikasi Kosmetik Halal oleh MUI, 3.4 out of 5 based on 5 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :