HOME »» SERBA SERBI

Kosmetik yang Berbahaya Dapat Dilacak Izinnya

kosmetik yang berbahayaBadan POM Indonesia melansir daftar kosmetik yang berbahaya pada tahun 2012 lalu. Banyak merek kosmetik yang diburu BPOM tersebut dilarang beredar di Indonesia karena mengandung senyawa atau zat kimia yang membahayakan bagi kesehatan serta dilarang penggunaannya sesuai peraturan menteri kesehatan RI yang telah dikeluarkan sejak tahun 1998 dan keputusan kepala BPOM RI.

BPOM RI terus melakukan pengawasan terhadap berbagai obat serta makanan termasuk kosmetik yang beredar di wilayah hukum Indonesia. Nama merk dagang kosmetika yang berbahaya pada tahun 2012 lalu diumumkan oleh BPOM semata-mata untuk melindungi warga negara Indonesia dari obat-obatan yang dapat membahayakan kesehatan. Setiap warga negara Indonesia juga dituntut kesadarannya untuk turut serta berpartisipasi mengamankan diri, keluarga serta anggota masyarakat lain dengan ikut mengawasi peredaran kosmetika yang mengandung zat-zat terlarang dan di atas ambang dosis wajar ini di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Pengumuman obat-obatan ilegal baik untuk pemakaian dalam dan luar tubuh seperti kosmetik ini penting diketahui oleh setiap lapisan masyarakat Indonesia agar mereka terhindar dari kemungkinan terkena dampak buruk akibat penggunaan zat kimia yang di luar batas kewajaran tersebut tanpa mereka sadari.  Bagi mereka yang sudah terlanjur menggunakan kosmetika yang masuk dalam daftar kosmetika berbahaya tersebut, diharapkan secepatnya memeriksakan diri ke dokter agar jika terdapat gangguan kesehatan akibat pemakaian kosmetika berbahaya tersebut dapat diantisipasi sejak dini.

Melacak Legalitas Kosmetik yang Berbahaya

Daftar resmi merek kosmetika yang berbahaya oleh BPOM harus dijadikan rujukan oleh setiap warga negara Indonesia yang akan membeli kosmetika baik di Hypermarket maupun di toko-toko obat di pasar tradisional sebab penyebaran kosmetika berbahaya ini sudah meluas dan tidak terbatas hanya pada satu jenis toko atau pasar. Bagi warga negara Indonesia yang ingin mengetahui daftar kosmetika berbahaya ini dapat melihatnya di website resmi BPOM Republik Indonesia atau di kantor-kantor atau di pusat-pusat kesehatan terdekat seperti di Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

Bagi masyarakat yang menemukan secara sengaja maupun tidak produk kosmetik perawatan kulit yang masuk dalam  daftar kosmetik yang berbahaya tahun 2012, diharapkan segera melaporkan ke instansi terkait dalam hal ini BPOM RI atau ke pihak berwenang yang lain seperti Kepolisian Republik Indonesia, atau bisa juga melaporkannya kepada Ketua RT atau ketua RW setempat untuk ditindaklanjuti oleh ketua RT dan ketua RW yang bersangkutan. BPOM Sendiri memiliki layanan online terkait informasi produk yang teregistrasi resmi, di mana anda dapat submit info tentang pengaduan merek dagang yang dianggap ilegal tersebut. Silakan klik website resmi BPOM : http://ulpk.pom.go.id/ulpk/  atau  hubungi melalui telepon di nomor (021) 4263333. Masyarakat yang ingin mengetahui daftar izin kosmetik yang sudah teregistrasi ini dapat melihatnya di website resmi BPOM Republik Indonesia : http://www.pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/12  atau di kantor-kantor atau di pusat-pusat kesehatan terdekat seperti di Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

Ciri Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM

Sebelum terlanjur membeli, hendaknya kita kenali ciri-ciri kosmetik yang berbahaya menurut BPOM. Beberapa ciri-ciri kosmetika dengan bahan berbahaya biasanya terdapat tanda-tanda berikut :

  1. Efek samping yang berlebihan, seperti kulit akan terkelupas dan menjadi merah terang.
  2. Bila mengandung merkuri, biasanya cream berbau logam menyengat dan tajam.
  3. Garansi perubahan warna kulit lebih putih dalam waktu cepat, bisa jadi ada kadar zat kimia di atas ambang kewajaran.
  4. Bila dipegang, cairan cream agak lengket
  5. hasil yang diperoleh pun nampak aneh, yaitu kulit wajah terlihat putih pucat.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.5/5 (6 votes cast)
Kosmetik yang Berbahaya Dapat Dilacak Izinnya, 4.5 out of 5 based on 6 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :