HOME »» ZAT KIMIA

Hindari Kosmetik yang Mengandung Merkuri

 

Menjadi wanita dengan penampilan yang selalu terlihat cantik dan menarik merupakan hal yang sangat disenangi oleh pasangannya masing-masing. Bahkan tak jarang seorang wanita dengan statusnya sebagai seorang istri untuk menyempatkan diri melakukan berbagai perawatan baik tubuh dan wajah demi para suaminya. Namun agaknya para wanita tersebut perlu lebih berhati-hati sehingga bisa mewaspadai adanya peredaran kosmetik yang mengandung merkuri.

Mendeteksi kosmetik yang mengandung merkuri

kosmetik yang mengandung merkuriMendeteksi keberadaan merkuri dalam kosmetik merupakan hal yang cukup sulit jika dilakukan secara langsung. Namun beberapa hal yang bisa digunakan untuk mendeteksinya apakah kosmeik yang anda beli asli atau palsu (yang mengandung merkuri).

  1. Biasakan menggunakan kosmetik dengan satu merk yang sama. Biasakan juga tidak sering menggunakan merk kosmetik berbeda karena berkemungkinan adanya ketidak cocokan bagi kulit.
  2. Lihat dalam kemasan kosmetik, periksa dengan seksama agar menghindari barang ilegal dan tak resmi izinnya. Biasanya bada POM lah yang memberikan izin, pastikan ada kode dari BPPOM atau tidak.
  3. Jika anda lebih jeli lagi, umumnya kosmetik yang mengandung merkuri dijual dengan harga yang lebih murah. Harga yang tidak wajar ini bisa dijadikan sebagai referensi awal untuk membeli karena pada umumnya. Atau minimal jika anda menemukan hal yang demikian, maka anda wajib mencari tahu lebih jauh lagi tentang detail produk tersebut sehingga ketika anda membelinya, anda bisa yakin bahwa harga yang murah tersebut merupakan harga yang normal bagi produk sejenisnya.

Merkuri dapat mengakibatkan kematian ?

Mengapa merkuri bisa menimbulkan kematian? Merkuri merupakan salah satu logam berat yang bisa beresiko fatal bagi tubuh bahkan kematian. Proses ini terjadi secara singkat, merkuri yang tercampur dalam kosmetik kemudian terserap masuk kedalam kulit hingga masuk dalam peredaran darah. Darah-darah di dalam tubuh tersebut pastinya akan teralirkan hingga disaring di ginjal. Akibat adanya merkuri dalam darah ini tidak bisa difiltrasi dengan baik oleh ginjal sehingga ginjal bekerja lebih keras. Akibatnya lagi, ginjal akan mengalami kemunduran fungsi, sehingga bisa terjadi kasus gagal ginjal.

Kasus lain yang dapat terjadi akibat keracunan merkuri dalam kosmetik dan juga bisa mengakibatkan kematian adalah adanya banyak gangguan di kepala, misalnya alzeimer, kasus radang selaput otak hingga kanker. Tentunya penyakit-penyakit ini bukanlah penyakit yang ringan. Sehingga sangat sulit untuk disembuhkan dengan teknologi kedokteran saat ini.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Hindari Kosmetik yang Mengandung Merkuri, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :