HOME »» SERBA SERBI

Kosmetika Ilegal Asal Cina di Pasar Beringharjo

kosmetika ilegal asal cina di pasar beringharjoKosmetika merupakan sebuah produk yang sangat diminati oleh masyarakat khususnya kaum wanita. Hal tersebut dikarenakan mindset (pola pikir) masyarakat pada umumnya yang menganggap bahwasanya cantik harus menggunakan make up (menor). Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut tidaklah selalu benar. Justru banyak ditemukan sekarang ini ditemukan banyak kaum wanita yang menggunakan kosmetika, namun hasilnya tidaklah sesuai harapan. Hal tersebut dikarenakan kosmetik yang digunakan tersebut illegal.

Kosmetik illegal tersebut banyak ditemukan di daerah- daerah di Indonesia termasuk di daerah istimewa Yogyakarta. Hal tersebut dapat diketahui dari operasi razia yang telah dilakukan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) di salah satu pasar yang sangat terkenal di Yogyakarta yaitu Pasar Bringharjo.

Produk Kosmetika Illegal banyak Berasal dari Cina dan Taiwan

Berdasarkan razia yang dilakukan oelh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) di pasar Bringharjo di Yogyakarta tersebut telah ditemukan banyak produk illegal yaitu mencapai ratusaan produk kosmetika. Adapun produk – produk kosmetik yang telah ditemukan di pasar tersebut adalah produk kosmetik impor yang berasal dari luar negeri yaitu berasal dari Cina dan Taiwan. Produk- produk kosmetik dari Cina dan Taiwan tersebut tidak terdaftar secara resmi dari BPOM , dan produk kosmetika tersebut juga mengandung zat kimia yang berbahay yaitu seperti mercuri yang mana zat kimia tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan penggunanya.

Adapun kosmetik impor yang berasal dari Cina dan Taiwan di atas kebanyakan berupa produk cream pemutih , sabun mandi, dan lipstick. Banyaknya kuantitas atas jenis produk kecantikan tersebut dikarenakan jenis produk kosmetik tersebut paling disukai oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan jenis produk kosmetik tersebut dijual dengan harga murah.
Kemudian alasan lain dijualnya produk kosmetik impor di atas didasarkan pada telah terdaftarnya produk kosmetik tersebut di BPOM. Pernyataan tersebut telah diungkapkan oleh pemilik toko kosmetik di Pasar Bringharjo di Yogyakarta. Namun menurut Hartati Astuti, seksi penyidikan dan pemeriksaan BB POM Yogyakarta bahwasannya banyak produk kosmetik impor di jual di Indonesia termasuk di pasar Bringharjo tersebut telah dipalsukan registrasi pendaftarannya .Adapun upaya tindakan yang dilakukan oleh BB POM untuk meminimalisir adanya produk – produk kosmetik impor yaitu melalui razia terhadap produk kosmetik tersebut ke pasar-pasar tradisional dan toko kosmetik di wilayah Yogyakarta.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Kosmetika Ilegal Asal Cina di Pasar Beringharjo, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :