HOME »» SERBA SERBI

Krim Pemutih Racikan Dokter, Amankah?

krim pemutih racikanKrim pemutih racikan belakangan menjadi pilihan kaum wanita untuk memperoleh penampilan yang sempurna di bagian wajahnya  selain sejumlah merek yang telah ramai beredar di pasaran dan digunakan oleh banyak konsumen.

Beberapa dari krim racikan ini lebih digemari karena harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan produk serupa yang telah memiliki nama di kalangan masyarakat. Istilah krim racikan dokter memang dikhususkan untuk produk non-pabrik, atau dalam arti lain di produksi secara konvensional dan manual.

Terlepas dari banyaknya krim racikan yang kini mudah ditemui di toko-toko kosmetik, amankah produk-produk ini untuk kulit wajah kita?

Mengenal Krim Racikan

Ada dua jenis krim pemutih racikan yang biasa digunakan oleh konsumen.

Yang pertama adalah krim yang langsung diperoleh dari dokter setelah melalui proses konsultasi. Sejumlah dokter kecantikan memang memiliki ilmu, kemampuan, dan kewenangan untuk memproduksi krim pemutih yang diraciknya sendiri.

Biasanya, mereka membuatkan krim pemutih ini khusus untuk pasiennya, tanpa menjualnya secara bebas. Mereka menilik pada kondisi pasien, jenis kulit, ada/tidaknya alergi, dan faktor terkait lainnya.

Tipe krim racikan yang kedua adalah yang beredar di pasaran luas. Sekarang ini, ada banyak krim pemutih racikan yang bisa dibeli dengan mudah oleh konsumen. Krim-krim ini banyak yang disertai dengan embel-embel ‘hasil racikan dokter’, sertifikat aman dari BPOM, dan label lain yang meyakinkan konsumen untuk membelinya.

Amankah Krim Racikan?

Aman tidaknya krim racikan bergantung pada kandungannya. Sejumlah krim pemutih racikan memang bisa dinyatakan aman karena tidak mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan, serta dibuat oleh dokter yang telah memiliki izin praktek. Jika sudah demikian, maka krim racikan ini pun aman untuk digunakan.

Akan tetapi, ada pula krim pemutih model racikan yang terjual bebas di pasaran yang tidak mengetengahkan jaminan keamanan. Apa yang harus diwaspadai dari krim racikan ini?

  • Ada tidaknya label izin BPOM (Badan Pemeriksa Obat dan Makanan); jika ada, maka anda bisa membelinya. Selain itu, perhatikan pula kemasan; apakah mempunyai merek jelas, wadah yang aman, atau keterangan mengenai kandungan produk. Kalau tidak ada, lebih baik tidak membelinya.
  • Bahan-bahan yang digunakan. Biasakan untuk memeriksa kandungan sebuah produk sebelum membelinya. Untuk mengetahui bahaya/tidaknya krim pemutih, anda harus terlebih dahulu mengenali bahan-bahan berbahaya yang banyak dipakai untuk membuat kosmetik
  • Harga adalah hal yang patut diperhatikan; jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah; tetapi juga tidak boleh terkecoh oleh harga yang cukup mahal. Harga bukan penanda utama, anda harus berhati-hati dalam mengetahui kandungannya terlebih dahulu

Namun terlepas dari kriteria aman di atas, hendaknya lebih dahulu berkunsultasi dengan dokter ahli kecantikan di klinik-klinik terkemuka, seperti pada klinik Naavagreen dan klinik Natasha Skin Care.

 

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.2/5 (5 votes cast)
Krim Pemutih Racikan Dokter, Amankah?, 4.2 out of 5 based on 5 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :