HOME »» Uncategorized

Krim Racikan Dokter Aman Atau Tidak?

Krim Racikan Dokter Aman Atau Tidak

Krim Racikan Dokter Aman Atau Tidak

Krim racikan dokter aman tau tidak untuk dipakai sehari-hari, kita tidak dapat memastikannya secara cepat dan tepat.  Namun, kita juga tidak bisa langsung mempercayainya begitu saja meskipun pembuatnya merupakan tenaga kesehatan yang memiliki ilmu dalam bidang medis. Kamu yang ragu memakai produk perusahaan atau pabrik dan ingin beralih pada pemakaian krim hasil racikan dokter perlu tetap cermat dan waspada dalam memilih.

Cara untuk Mengetahui Apakah Krim Racikan Dokter Aman atau Tidak

Untuk memilih krim racikan dokter yang aman, maka konsumen harus teliti sebelum membeli. Beberapa cara untuk memilih krim racikan dokter yang tepat dan aman dipakai, yakni:

  • Memiliki Lisensi BPOM

Semua produk baik makanan dan obat-obatan harus melewati uji yang dilakukan oleh BPOM barulah dapat dipasarkan, sekalipun produk tersebut merupakan racikan dokter. Untuk itu, sebelum memakai krim hasil racikan, lihatlah terlebih dahulu ijin BPOM pada kemasan krim.

  • Krim berbahan aman

Untuk mengetahui apakah bahan yang terkandung dalam krim racikan berbahaya atau tidak, tentu sebelum membelinya kamu perlu mencari informasi penting tentang bahan berbahaya dalam krim. Kamu juga harus jeli melihat senyawa bahan krim yang mungkin dapat menyebabkan alergi terhadap kulitmu. Langkah yang lebih efektif lagi adalah dengan mencari fungsi dan efek samping dari setiap bahan penyusun krim tersebut. Kamu bisa mengakses situs resmi bpom dan badan kesehatan lainnya. Melalui situs bpom tersebut, kamu juga dapat melihat apakah produk tersebut telah terdaftar sebagai obat yang lolos uji.

Selain itu pula, alangkah lebih baiknya kamu untuk memilih krim yang berasal dari bahan alam yang tidak bersifat alergik dan aman digunakan baik itu berasal dari hasil racikan dokter ataupun yang diresepkan.

  • Harga Bukan Jaminan

Harga tidak dapat dijadikan patokan keamanan produk. Namun berdasarkan riset dan secara empiris, harga murah cenderung lebih dicurigai karena logika bahan berkualitas tinggi proporsional dengan harga jual produk. Sedangkan, krim yang murah terarah pada kualitas dan harga bahan baku yang rendah. Untuk hal ini, lihatlah dari ratio harga produk krim racikan dokter dengan produk sejenis lainnya, apabila rationya sangat signifikan maka barang yang memiliiki harga paling rendah patut dicurigai.

Semakin berkembangnya zaman, tidak selamanya harga produk yang murah memiliki kualitas rendah. Saat ini, produsen dan distributor sudah pintar untuk mengelabui konsumen. Dengan bahan yang sama, harga dibuat berbeda jauh, dan seringkali membawa nama (brand) perusahaan besar atau membawa gelar profesi yang berkaitan seperti dokter, apoteker, peneliti, dll. Oleh sebab itulah balik ke prinsip awal, bahwa harga tidaklah suatu jaminan. Apabila kamu bingung dan tidak ingin mengambil resiko, maka sebaiknya kamu tidak memilih atau menggunakan cara pengidentifikasian yang lain.

Krim Racikan Dokter Aman Atau Tidak sebenarnya dapat diidentifikasi, hanya saja tidak mudah dan harus teliti. Untuk itu meskipun krim tersebut hasil racikan dokter tidak menjadikan jaminan bahwa krim tersebut aman. Dan, untuk lebih mengetahui secara lebih jelas, cobalah untuk menanyakan krim tersebut kepada apoteker, karena secara kode etik profesi sebenarnya dokter tidak punya hak dan ijin dalam meracik obat. Dokter bertugas dalam mendiagnosa dan meresepkan obat sedangkan apoteker berungsi dalam pengecekan resep apakah aman dikonsumsi, apabila positif, maka dilakukan peracikan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.5/5 (2 votes cast)
Krim Racikan Dokter Aman Atau Tidak?, 4.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :