HOME »» PEMUTIH KULIT

Mengenal Cream Pemutih Wajah Lebih Dekat

cream pemutih wajah Sekarang banyak beredar krim pemutih wajah yang berbahaya menurut BPOM atau Balai Pengawasan Obat dan Makanan. Apa saja bahan berbahaya yang terdapat di dalam cream pemutih wajah tersebut? Berikut ulasannya:

1. Krim pemutih wajah yang mengandung Mercury
Mercury juga biasa disebut air raksa. Air raksa merupakan bahan cair yang digunakan didalam thermometer. Mercury ini terdapat pada cream pemutih wajah yang efeknya sangat cepat memberi warna putih pada kulit. Zat ini dikatakan berbahaya karena sifatnya yang toksik atau beracun dan dapat memicu kanker. Akibat yang biasa timbul apabila menggunakan produk cream pemutih wajah yang mengandung mercury adalah alergi, perubahan warna kulit yang tidak alami, munculnya flek hitam yang permanen, iritasi seperti gatal hingga akibat yang paling parah adalah kerusakan permanen susunan syaraf pusat.

Penggunaan kosmetik yang terkontaminasi mercury sudah sangat jelas dilarang sekalipun pemakaiannya hanya sedikit dan dalam jangka pendek. Mengingat bahaya yang ditimbulkannya sangat besar.

2. Krim pemutih wajah yang mengandung Hidroquinon
Hidroquionon juga merupakan salah satu golongan obat keras yang dilarang penggunaannya dalam produk kecantikan. Bahaya yang ditimbulkannya adalah iritasi seperti gatal dan kulit terasa terbakar. Selain itu dampak terburuk dari penggunaan hidroquinon secara jangka panjang menyebabkan terbentuknya warna putih atau hitam permanen yang menandakan bahwa kulit tersebut telah mati.

3. Krim pemutih wajah yang mengandung Asam Retinoat atau Tretinoin
Asam Retinoat dikatakan berbahaya karena dapat menghambat pembentukan melanin. Melanin merupakan salah satu protein yang terdapat pada jaringan kulit yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan dalam jangka panjang akan menyebabkan cacat pada janin.

Mengenali Cream Pemutih Wajah yang Mengandung Zat Berbahaya

Berikut ada beberapa tips mudah untuk mengenali krim pemutih kulit yang mengandung senyawa berbahaya seperti mercury, hidroquinon dan asam retinoat.

  1. Jika menggunakan krim wajah berbahaya, maka kulit akan berubah putih secara cepat namun tidak alami.
  2. Krim berpemutih wajah berbahaya biasanya lengket dan tampak tidak menyatu dengan bahan dasar lainnya.
  3. Warna produk kosmetik juga terlihat mencolok karena mengandung pewarna tekstil.
  4. Pada saat melakukan tester, kulit akan terasa gatal dan terbakar.
  5. Pada saat pemakaian pertama kali, kulit akan memerah bila terkena sinar matahari. Dalam jangka panjang akan timbul warna hitam atau flek permanen.
  6. Warna putih yang ditimbulkan akan berubah menjadi gelap
  7. Pada saat memakai krim wajah yang berbahaya, kulit wajah akan seperti bebas dari masalah, namun inilah bahayanya. Masalah kulit seperti jerawat dan berminyak sebenarnya menandakan bahwa kulit kita sehat dan ada aktivitas didalamnya. Akan tetapi akibat menggunakan krim berbahaya kulit kita akan tidak sehat atau bahkan telah mati karena kehilangan aktivitasnya.

Itu adalah beberapa tips singkat agar anda mampu mengenali produk krim pemutih yang berbahaya. Dalam memilih cream pemutih wajah yang aman sebenarnya mudah saja, semoga artikel diatas berguna bagi anda semua. Terima kasih.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.8/5 (11 votes cast)
Mengenal Cream Pemutih Wajah Lebih Dekat, 2.8 out of 5 based on 11 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :