HOME »» TIPS

Merawat Kulit Berdasarkan Usia Agar Tetap Sehat

merawat kulit berdasarkan usiaPerawatan kulit adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang dimana banyak orang yang mengidamkan sebuah kulit yang sehat. Berbicara mengenai kesehatan kulit, ada beberapa cara merawat kesehatan kulit yang didasarkan pada usia. Hal ini karena ada perbedaan perawatan kulit antara anak kecil dan juga orang dewasa.

Perawatan Kulit Anak Kecil

Kulit anak-anak cenderung masih tipis sekali. Oleh karena itulah kulit anak kecil akan sangat mudah mengalami iritasi bila terkena bahan kimia. Adapun perawatan yang tepat untuk kulit anak kecil atau bayi adalah dengan memilih sabun pembersih yang mempunyai sifat lunak serta mengandung sedikit alkali. Hindarilah penggunakan sabuh yang berbahan aktif. Selaini itu, sebisa mungkin juga hindarilah penggunaan bedak antiseptic.

Perawatan Kulit untuk Remaja

Harus anda ketahui bahwa kebanyakan kulit remaja merupakan kulit yang berminyak. Hanya sebagian kecil saja yang memiliki kulit kering dan normal. Untuk kulit berminyak, ada beberapa perawatan tepat yang bisa dilakukan, yakni :

  • Menggunakan pembersih berkali-kali dalam satu hari dengan air hangat.
  • Hindari pemakaian kosmetik seperti pelembab, cream foundation, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena kulit berminyak sudah menghasilkan minyak secara alami sehingga pemakaian kosmetik akan merusak kulit.
  • Menggunakan scrub agar lapisan kotoran menipis dan hilang bersamaan dengan kulit mati yang telah terkelupas pada bagian permukaan kulit.

Sedangkan untuk kulit yang normal, anda hanya perlu melakukan perawatan yang biasa saja, tak perlu perawatan khusus. Untuk kulit kering, pertahankan kelembaban kulit dengan menggunakan pembersih kulit berbahan dasar minyak.

Perawatan Kulit Usia Lanjut

Kulit usia lanjut mempunyai sedikit kadar air, kulit menjadi sangat tipis, kering dan keriput. Untuk kulit usia lanjut, perawatan yang dianjurkan adalah perawatan yang berprinsip untuk menghilangkan rasa gatal serta mengurangi keriput pada kulit.

Sedangkan untuk mengatasi permasalahan kulit kering pada orang berusia lanjut maka harus menggunakan pelembab dan juga menghindari penyebab terjadinya kekeringan seperti menggunakan pembersih yang mengandung alkohol, deterjen, sabun, dan lai sebagainya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (2 votes cast)
Merawat Kulit Berdasarkan Usia Agar Tetap Sehat, 3.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :