HOME »» ZAT KIMIA

Merkuri, Kawan atau Lawan?

merkuriKita sering mendengar gembar-gembor BPOM bahwa merkuri berbahaya bagi kesehatan kita. Namun tidak sedikit yang mengakui bahwa merkuri mampu menjadi pemutih wajah tercepat. Di sini akan diulas berbagai macam hal soal merkuri guna membuka pandangan kita tentang zat yang lebih sering kita sebut dengan “air raksa” ini. Merkuri adalah senyawa kimia yang termasuk dalam golongan logam berat. Hal ini berarti merkuri berbahaya bagi semua jenis kehidupan apabila dikonsumsi atau digunakan untuk berinteraksi dengan tubuh secara langsung. Bahkan pemerintah secara khusus membuat peraturan untuk kadar kandungan maksimum merkuri dalam air sebesar 0,001 mg/l. Dari situ kita sudah bisa menilai betapa berbahayanya zat yang sering ditemukan di daerah vulkanik ini. Namun bukan berarti merkuri tidak memiliki sisi baik. Merkuri juga memiliki kemanfaatan bagi manusia. Berikut ini kita akan secara adil antara manfaat dan keburukan merkuri bagi manusia.

Manfaat Merkuri

Sebagai senyawa kimia tentunya merkuri memiliki kegunaan bagi manusia. Salah satu yang paling dasar dalam pemanfaatan zat merkuri adalah alat thermometer. Alat untuk mengukur suhu tubuh ini menggunakan merkuri padat sebagai alat penunjuk suhu. Dengan memanfaatkan sensitifitas merkuri terhadap suhu sekitarnya. Merkuri juga berfungsi untuk pemberantasan jamur. Sifatnya yang berbahaya bagi makhluk hidup diaplikasikan dalam pembuatan fungisida, tentunya dengan kadar konsentrasi yang dapat ditolelir oleh kehidupan lainnya. Pada kegiatan industri zat merkuri banyak digunakan dalam proses penambangan emas. Namun hal ini juga menyebabkan air tanah dan air permukaan daerah penambangan emas tidak aman dikonsumsi. Karena penggunaan merkuri untuk memisahkan batuan dengan emas menggunakan air mengalir, dan ini menyebabkan kadar merkuri dalam air di daerah tersebut menjadi tinggi dan berbahaya bila dikonsumsi.

Bahaya Merkuri

Zat merkuri sangat berbahaya bagi semua bentuk kehidupan. Hal ini dikarenakan merkuri mengandung racun yang lazim disebut methyl mercury. Beberpa orang meyakini merkuri sebagai pemutih wajah tercepat. Pernyataan tersebut buka tanpa alas an, karena yang seperti diketahui bahwa efek memutihkan dari zat merkuri ini sangat cepat. Namun efeknya tidak berhenti disitu saja. Pemakaian kosmetik yang mengandung zat merkuri haruslah secara berkala karena jika tidak akan menimbulkan efek samping berupa munculnya flek hitam. Sedangkan jika digunakan dalam waktu yang lama akan menimbulkan kerusakan kulit sampai pada tahap kanker kulit. Selain efek samping dipermukaan, merkuri juga meracuni tubuh bagian dalam. Dengan terserapnya zat merkuri kedalam tubuh akan membuat menurunnya kemampuan otak, sering mual dan bahkan menghambat atau merusak perkembangan janin.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Merkuri, Kawan atau Lawan?, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :