HOME »» SERBA SERBI

Penjual Kosmetik Ilegal di Internet Digrebek BBPOM Semarang

Penjual Kosmetik Ilegal di Internet Perdagangan obat-obatan ilegal di sebuah toko online kena razia Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) kota Semarang, 20 Juni 2013 lalu. BBPOM menggerebek markas dari toko online www.tokosuntik.com (pekalongan) dan situs www.thebiipung.blogspot.com (Semarang) dalam waktu bersamaan. Markas perdagangan online yang mereka lakukan sekaligus menjadi rumah tempat tinggal si pemilik website jual beli terlarang tersebut.

Di rumah pelaku, ditemukan produk kecantikan yang disita seperti kolagel, laroscorbine, obat pemutih dan sebagainya, dengan nilai hingga Rp68 juta. Kepala BBPOM Semarang, Zulaimah, menjelaskan bahwa obat-obatan yang dijual via internet tersebut ada yang semestinya harus dengan resep dokter dan ada juga obat import dari Luar negeri seperti negara Swiss, Pakistan, jepang, Amerika, Turki, Italia, Jerman, Inggris yang mana barangnya masuk melalui Jakarta. Adapun merek dimaksud yaitu AquaSkin, Crystal Collagen dan Powder Facial Mask.

Dalam waktu dekat, razia jual beli kosmetik di internet akan digalakkan karena jalur online lah yang paling potensial untuk menyebarkan produk ilegal lagi berbahaya. Bagaimana tidak mudah, calon pembeli cukup melihat-lihat katalog produk di facebook atau toko online, lalu transfer ke rekening bank pemilik toko dan menunggu barang datang dengan jasa pengiriman semisal TIKI.

Awalnya, penyidik dari BBPOM Semarang pernah memancing dengan cara pura-pura membeli kosmetik via internet untuk menguji kandungan zat kimia di dalamnya. Namun meskipun sudah transfer Rp400.000,-, barang tidak dikirim-kirim dengan alasan stok habis. Penggerebekan pun terjadi di Pekalongan yang tak disangka-sangka alamat pemilik toko adalah sebuah toko besi di kota Pekalongan, bahkan tersangka juga memiliki klinik kecantikan. Adapun di Semarang, selain menjual, pelaku juga meracik sendiri krim wajah yang dijual tanpa merek. Harga pun bervariasi dari Rp70.000 hingga Rp5 juta.

Saat ini, pelaku menjalani wajib lapor kerena dipastikan keduanya melanggar UU nomor 36 / 2009. (nd)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.8/5 (5 votes cast)
Penjual Kosmetik Ilegal di Internet Digrebek BBPOM Semarang, 3.8 out of 5 based on 5 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :