HOME »» SERBA SERBI

Penyitaan Ratusan Produk Ilegal Bernilai Ratusan Jutaan Rupiah

Penyitaan Ratusan Produk Ilegal Bernilai Ratusan Jutaan RupiahRazia yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di berbagai tempat ternyata membuahkan hasil. Kali ini, BPOM Provinsi Bangka Belitung berhasil menyita sejumlah kurang lebih 222 jenis produk ilegal. Produk tersebut terdiri dari berbagai merk kosmetik, makanan dan minuman serta obat-obatan tradisional yang dikemas dalam 129.787 sachet/kotak. Setelah diteliti, produk-produk ilegal tersebut bernilai hingga mencapai Rp 117.2711.300. Operasi yang dilakukan BPOM ini dilakukan selama dua hari pada 27 titik di daerah Bangka Belitung. Produk-produk yang disita adalah produk yang tidak terdaftar oleh BPOM, tidak mempunyai izin untuk beredar dari Badan POM serta adanya indikasi kandungan zat kimia berbahaya.

Berdasarkan razia tersebut, BPOM yang bekerjasama dengan oknum hukum, menahan 3 orang yang diduga bertindak sebagai produsen dan distributor produk kosmetik, obat tradisional dan pangan. Jika mereka terbukti bersalah, pelaku dan pengedar produk ilegal tersebut akan ditindak tegas dan menjalani proses hukum. Mereka terjerat beberapa pasal dalam Undang-Undang, yaitu Undang-Undang Kesehatan No.36 tahun 2009 Pasal 197 dan Undang-undang No.18 tahun 2012 Pasal 142 tentang pangan. Pelanggaran terhadap Undang-Undang Kesehatan diberi sanksi 15 tahun penjara atau membayar denda sebesar Rp 1,5 Miliar. Sedangkan pelanggaran terhadap Undang-Undang Pangan diberi sanksi 2 tahun penjara atau membayar denda senilai Rp 4 Miliar.

Masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati. Diantara penemuan produk sitaan tersebut, memang terdapat pula produk yang memiliki izin edar, tetapi setelah diteliti ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Beberapa produk hasil sitaan yang telah diteliti tersebut ternyata mengandung merkuri. Merkuri merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kulit jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Temuan tersebut tidak hanya terkandung dalam produk kosmetik, tetapi juga dalam obat tradisional serta bahan makanan yang disita, untuk itu masyarakat diminta agar jeli sebelum membeli. BPOM melakukan sosialisasi dengan menyebarkan informasi tentang produk yang ilegal dan berbahaya melalui website resmi serta menginformasikan melalui media. Untuk mengetahui keaslian produk, masyarakat dapat melakukan pengecekan dengan melihat nomor POM TR serta izin edar. Nomor POM TR dapat dilihat pada kemasan yang berjumlah 9 digit. Jika ada indikasi produk yang ilegal, maka BPOM akan segera melakukan penanganan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Penyitaan Ratusan Produk Ilegal Bernilai Ratusan Jutaan Rupiah, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :