HOME »» SERBA SERBI

Perawatan Kulit Bayi yang Baru Lahir

perawatan kulit bayiBayi baru lahir merupakan anugrah dari Tuhan yang sangat harus dijaga. Dengan lahirnya ia ke dunia maka banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi tersebut. Karena bayi terbilang sensitif terhadap apa yang muncul dari luar. Termasuk pada kulit bayi. Bayi juga masih rentan terhadap penyakit maka sebagai orang tua, anda harus tahu dan belajar bagaimana cara merawat bayi dengan benar, termasuk pada perawatan kulit bayi anda yang masih baru lahir.

Hal itu menjadi sesuatu yang penting yang anda lakukan sebagai orang tua. Banyak ibu yang melupakan masalah kulit bayi karena melihat kulit bayi anaknya yang halus, lembut serta terlihat segar. Padahal perawatan kulit pada bayi penting sekali khususnya bagi para bayi yang baru saja lahir.

Banyak juga bayi yang terkena ruam sampai kulitnya kemerahan, iritasi, atau juga alergi dan biang keringat. Hal itu terjadi karena ibunya tidak merawat kulit bayi tersebut dengan benar. Berikut akan dibahas sedikit mengenai tips perawatan kulit bayi yang baru lahir.

Memandikan bayi dengan baik dan benar

Pertama-tama, anda harus memerhatikan suhu air yang tepat untuk bayi anda ketika mandi. Jangan terlalu panas karena hal itu akan menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Mandi 2 kali sehari baik sekali untuk bayi anda yang masih memerlukan perawatan maksimal. Bersihkan seluruh kotoran yang menempel di tubuhnya dengan air. Namun jika bayi anda termasuk bayi yang aktif bergerak sebaiknya memandikan bayi tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Karena ia akan banyak memproduksi keringat yang juga dapat menimbulkan biang keringat. Perawatan kulit bayi yang penting saat memandikan, perhatikan jenis sabun bayi yang digunakan. Usahakan memilih sabun khusus bayi yang tidak terlalu keras dan agak berminyak. Setelah mandi, gunakan juga handuk yang lembut dan halus. Lalu berikan pelembab atau lotion khusus bayi agar kulitnya terlindungi.

Memilih pakaian dan popok bayi dengan benar

Berikan jenis bahan atau kain baju yang terbuat dari bahan katun agar adem dipakai. Hindarkan jenis kain atau bahan yang terbuat dari nilon karena akan membuat bayi berkeringat terus menerus dan munculnya iritasi atau biang keringat. Metode Perawatan yang baik berikutnya adalah hindarkan jenis pakaian atau popok bayi yang terlalu ketat. Karena akan membuat bayi tersebut tidak nyaman. Segera mengganti pakaian bayi jika bayi tersebut terkena kotoran muntah atau apapun pada bajunya. Ganti juga dengan popoknya jangan terlalu lama dipakai karena kulit bayi yang terlalu lama kena air seni akan menyebabkan ruam popok. Lalu, cuci pakaian bayi dengan sabun cair agar kulit bayi terhindar dari iritasi.

Gunakanlah kosmetik Khusus Bayi

Banyak ibu yang berfikir bahwa perawatan kulit untuk bayi yang baik dan benar adalah dengan menggunakan kosmetik khusus bayi yang dapat melindungi. Namun lihat dulu dengan baik jenis kosmetik seperti apa yang cocok untuk kulit bayi karena hal itu akan berpengaruh pada kulit bayi anda. Misalnya lihat dengan baik tanggal produksi, tanggal kadaluwarsa dan izin BPOM yang tertera di sana. Gunakan juga dengan baik sesuai dengan aturan pemakaian yang tertera di sana. Perawatan kulit batita memang beragam, termasuk pada pemilihan kosmetik yang tepat yang bermanfaat bagi bayi.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (2 votes cast)
Perawatan Kulit Bayi yang Baru Lahir, 3.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :