HOME »» PERAWATAN WAJAH

Perawatan Wajah Berjerawat Bagi Anak Remaja

perawatan wajah jerawatOrang tua yang pernah memiliki masalah jerawat saat mereka remaja pasti masih bisa mengingat berbagai perasaan tidak enak yang diakibatkan oleh bintik merah di berbagai bagian tubuh ini terutama yang ada di wajah. Perasaan tersebut akan muncul lagi bahkan terasa dua kali lebih menyakitkan bila melihat anaknya yang beranjak remaja juga mengalami hal yang sama. Namun dengan mengetahui apa dan bagaimana perawatan wajah jerawat, orang tua bisa mengatasi masalah jerawat pada anaknya ini secara tuntas.

Di bawah ini akan disajikan beberapa panduan bagi para orang tua agar bisa mengetahui dan mengatasi masalah jerawat pada anaknya yang beranjak remaja

Pertama orang tua harus mengetahui apa penyebab munculnya jerawat. Jerawat seringkali muncul akibat perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh seseorang, dan sebagian besar anak yang beranjak remaja pasti mengalami perubahan hormonal ini dalam tubuhnya. Jadi pada anak yang beranjak remaja wajar bila muncul jerawat, yang penting orang tua bisa memandu si anak tentang perawatan wajah yang mudah muncul jerawat, agar jerawat yang muncul bisa terkendali.

Kedua ajarkan salah satu metode merawat wajah yang sering timbul jerawat pada anak yakni rajin membersihkan wajah. Wajah yang selalu dibersihkan akan membuat jerawat bisa dicegah untuk tumbuh lebih besar. Jangan tunggu jerawat anak tumbuh besar dulu baru mencari pengobatan. Hal yang paling harus diingat adalah mencegah jerawat tumbuh lebih besar akan lebih baik daripada mengobatinya setelah jerawat tersebut tumbuh besar.

Perawatan wajah berjerawat ke tiga yang harus diketahui oleh orang tua adalah jalinlah komunikasi dengan anak. Ini berarti orang tua harus memberikan perhatian pada anak. Segera buka komunikasi dengan anak begitu jerawat pertama muncul di wajah anak, karena bisa jadi anak tidak akan pernah menyampaikan masalah jerawat pada orang tuanya. Perkataan seperti, “Ayah/Ibu akan senang jika kamu mulai berpikir untuk mengatasi jerawat di wajah kamu.” dari pada perkataan, “Pantas saja muka kamu berjerawat karena kamu sembarangan menggunakan kosmetik.”

Perawatan kulit wajah berjerawat pada remaja yang perlu diketahui oleh orang tua berikutnya adalah besiap-siaplah terhadap penolakan anak. Anak barangkali malu dan tidak ingin membicarakan masalah jerawatnya. Jangan terlalu memaksa, sebab pemaksaan hanya akan melahirkan perlawanan. Tunggu hingga anak merasa nyaman untuk membicarakannya dan orang tua sebisa mungkin dapat menciptakan suasana nyaman tersebut.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.4/5 (5 votes cast)
Perawatan Wajah Berjerawat Bagi Anak Remaja, 4.4 out of 5 based on 5 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :