HOME »» Uncategorized

Peredarannya Kian Marak, BPOM Razia Kosmetik Ilegal

Peredarannya Kian Marak, BPOM Razia Kosmetik Ilegal

Peredarannya Kian Marak, BPOM Razia Kosmetik Ilegal

BPOM Razia Kosmetik illegal di sejumlah daerah, imbas kian maraknya peredaran kosmetik tanpa ijin  di tanah air. Razia kali ini bukan saja hanya dipusatkan di toko-toko kosmetik yang tersebar di sejumlah pasar, tetapi juga dilakukan di mall-mall. Hasilnya pun menakjubkan. Seperti razia yang dilakukan di salah satu mall di Jakarta, belum lama ini, hasilnya sungguh mencengangkan. Ribuan kosmetik illegal dijual bebas disana.

Jenis kosmetik illegal yang ditemukan ini paling banyak adalah produk pemutih wajah yang ternyata setelah dilakukan uji sampel, mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan kanker. Keinginan pasar  saat ini yang menginginkan sesuatu yang instan seperti halnya pemutih wajah, membuat pabrik pembuat kosmetik palsu meningkatkan produksi mereka.

BPOM Razia Kosmetik Ilegal Buatan Luar Negeri

Kebanyakan kosmetik illegal yang beredar di pasaran berasal dari luar yakni China, Taiwan., Malaysia, Thailand. Produk tersebut  tidak memiliki ijin edar maupun kode produksi.  Meski  ada beberapa produk diantaranya yang memiliki ijin edar namun sudah kadaluarsa.

Modus yang dilakukan oleh produsen kosmetik ini terbilang nekad. Awalnya produk mereka memperoleh ijin dari BPOM. Tapi pada perjalanannya mereka menambahkan bahan berbahaya namun dapat member hasil yang instan bagi pemakainya. Pada akhirnya, ijin edar produk mereka dibatalkan dan produk mereka ditarik dari pasaran.

Mengingat maraknya peredaran kosmetik illegal ini, masyarakat perlu dibekali pengetahuan agar bisa memilih produk kosmetik yang benar-benar aman. Sebagai acuannya, ketika memilih kosmetik yang harus diperhatikan adalah label dalam kemasannya. Selain itu memperhatikan kode produksi, ijin edar dan sertifiakat BPOMnya juga tak kalah penting .

Untuk diketahui, label resmi kosmetik yang beredar saat ini adalah kode NA yang menandakan kalau itu adalah kosmetik dari Asia. Sedangkan untuk kode registrasi BPOM jika anda menemukan kode CL atau kosmetik buatan luar negeri dan kode CD yang berarti buatan dalam negeri, sebaiknya anda tidak membelinya, karena dua kode registrasi BPOM ini sudah dicabut dan tidak berlaku lagi sejak tahun 2013. Peredaran kosmetik illegal ini sudah berada pada ambang  batas memprihatinkan. Berdasarkan data yang ada di BPOM Pusat saja, di tahun 2014 barang bukti kosmetik illegal yang ditemukan.

BPOM razia  kosmetik illegal jumlahnya lebih dari 300 ribu produk dari sejumlah merk dan jenis kosmetik illegal yang sebagian besar berasal dari Negara-negara yang disebutkan diatas. Pada akhirnya, tindakan tegas dari aparat terkaitlah yang saat ini diharapkan untuk menghentikan segala bentuk peredaran kosmetik illegal. Agar masyarakat kita tidak lagi dikhawatirkan dengan adanya kosmetik illegal yang beredar dipasaran.***

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.2/5 (6 votes cast)
Peredarannya Kian Marak, BPOM Razia Kosmetik Ilegal, 3.2 out of 5 based on 6 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :