HOME »» ZAT KIMIA

Bahan Produk Kecantikan Berbahaya dan Gejala Yang Ditimbulkannya

produk kecantikan berbahayaSetiap wanita pastinya ingin tampil cantik dan menarik. Tidaklah mengherankan apabila pada akhirnya mereka rela merogoh kocek dalam-dalam, menggunakan berbagai macam produk kecantikan demi sebuah penampilan yang dapat dibilang sempurna. Sayangnya, banyak orang sama sekali tidak menyadri bahwa beberapa produk kecantikan sangatlah berbahaya apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa gangguan yang dapat disebabkan oleh produk kecantikan berbahaya bervariasi, mulai dari yang paling ringan seperti iritasi pada kulit sampai yang paling parah adalah kanker dan gangguan ginjal. Tentunya, anda tidak ingin memiliki kulit yang rusak, bukan? Lalu apa solusi terbaik jika anda ingin tampil cantik namun tidak berakhir dengan memilih sebuah produk yang salah. Anda harus memiliki banyak informasi seputar produk-produk kecantikan di pasaran. Mencari tahu produk kecantikan mana saja yang dilarang oleh BPOM bisa menjadi cara utama untuk menghindari salah memakai produk.

Zat Berbahaya dan Akibat Yang Ditimbulkan

Apa yang menyebabkan sebuah produk kecantikan berbahaya? Bahan-bahan kimia yang tidak aman untuk tubuh, contohnya merkuri dan hydrokuinon. Mengapa bahan-bahan ini berbahaya bagi tubuh dan apa gejala yang akan ditimbulkan apabila tubuh terpapar bahan ini dalam jangka waktu yang lama? Mari kita gali satu persatu. Merkuri pertama kali digunakan sebagai bahan peluntur sejak tahun 1900an. Dulu, produk seperti sabun cuci menggunakan bahan ini. Merkuri sesungguhnya sangat efektif bagi mereka yang ingin mendapatkan warna kulit yang cerah. Sayangnya, penggunaan merkuri pada kulit dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius, diantaranya adalah gagal ginjal, kerusakan saraf, bahkan sampai gangguan janin bagi ibu mengandung. Iritasi ringan pada kulit contohnya adalah kulit yang mengelupas dan gatal-gatal. Jika pada saat pemakaian produk kulit anda terkelupas dan berwarna merah, ada baiknya anda mulai berfikir untuk menghentikan pemakain produk tersebut.

Selain merkuri, satu bahan lain yang wajib anda waspadai adalah hydrokuinon. Zat ini bertugas untuk membunuh melanocytes, sebuah sel yang berfungsi untuk menghasilkan zat melanin pada kulit. Banyak produk pemutih kulit yang mengandung zat berbahaya ini. Karena fungsinya tersebut kulit menjadi lebih cerah dan putih setelah pemakaian. Sayangnya, apabila digunakan terlalu lama, beberapa penyakit serius menunggu di depan mata. Yang paling ringan adalah iritasi kulit dan menipis, sampai gagal ginjal. Jika produk kecantikan anda memiliki dua bahan berbahaya tersebut, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya secara teratur.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Bahan Produk Kecantikan Berbahaya dan Gejala Yang Ditimbulkannya, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :