HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Produk Kecantikan yang Dilarang Karena Kandungan Zat Berbahaya

Saat ini banyak kosmetik yang disinyalir mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan pada kulit dan tubuh pada umumnya. Zat-zat berbahaya ini sebaiknya dihindari karena jika dipakai secara terus menerus atau dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Berikut terdapat beberapa jenis zat-zat berbahaya yang terdapat pada produk kecantikan yang dilarang.

produk kecantikan yang dilarangBahan pengawet parabens adalah bahan pengawet yang sering digunakan sebagai bahan pengawet kosmetik. Bahan pengawet ini membuat produk kosmetik tidak rusak dan tahan lama hingga berbulan-bulan. Kosmetik menjadi lebih awet karena bahan pengawet mampu menghambat aktivitas bakteri yang dapat merusak kosmetik. Namun bahan pengawet ini akan menimbulkan beberapa efek samping baik pada kulit maupun pada tubuh akibat dari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan pengawet. Penggunaan zat parabens pada kosmetik masih kontroversial karena ternyata bahan pengawet ini ditemukan pada sel-sel tumor dan kanker payudara. Zat parabens ini disinyalir sebagai salah satu pemicu utama terjadinya penyakit tumor dan kanker payudara. Zat parabens ini memililki kontribusi yang cukup besar dalam perkembangan dan pertumbuhan sel-sel kanker payudara karena zat ini mampu menduplikasi hormorn estrogen pada perempuan. Efek negative lainnya dari penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan pengawet parabens ini adalah dapat memicu proses penuaan dini. Pemakain produk kosmetik yang mengandung zat parabens secara rutin juga dapat memicu kerusakan DNA.

Kandungan zat berbahaya lainnya yang terdapat pada produk kecantikan yang dilarang adalah phthalates yang merupakan bahan pelarut untuk produk kosmetik. Zat ini dibutuhkan agar produk kosmetik terlihat sempurna. Efek negative bagi kesehatan bagi siapa saja yang rutin memakai kosmetik yang mengandung bahan pelarut ini adalah adanya gangguan reproduksi dan pertumbuhan. Pemakaian dalam jangka panjang akan menimbulkan kanker. Zat triclosan, kandungan zat berbahaya berikutnya yang sering terdapat pada produk kosmetik yang dilarang, dapat berpotensi menggnggu kinerja hormon dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan mudah terkena alergi. Dan efek negative yang cukup serius adalah adanya resistensi bakteri terhadap antibotik.

Propyline glycol juga tergolong sebagai salah satu zat yang cukup berbahaya bagi kulit wajah dan tubuh. Umumnya zat kimia ini digunakan sebagai bagian komposisi pada sampo, detergent, dan pelarut. Propylene glycol yang terlalu banyak mengendap dalam tubuh dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan juga dapat menimbulkan sakit kepala serta gangguan kesehatan lainnya.

 

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.5/5 (2 votes cast)
Produk Kecantikan yang Dilarang Karena Kandungan Zat Berbahaya, 3.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya