HOME »» ZAT KIMIA

4 Macam Zat Pada Produk Kosmetik Berbahaya 2012

produk kosmetik berbahaya 2012Sebagian perempuan pastinya sangat tertarik dengan berbagai jenis produk kosmetik berbahaya 2012 yang beredar saat ini baik kosmetik buatan dalam negeri maupun kosmetik luar buatan luar negeri. Para perempuan terkadang membeli dan menggunakan kosmetik-kosmetik tersebut tanpa mempertimbangkan apakah produk kosmetik yang mereka pakai aman atau tidak untuk kulit wajah mereka. Tampil cantik dan menarik adalah tujuan utama mereka memakai berbagai jenis kosmetik yang mereka butuhkan. Produk kosmetik berlabel herbal alami juga bukan jaminan untuk kesehatan kulit wajah mereka karena belum tentu komposisi kosmetik tersebut benar-benatr terbuat dari bahan herbal. Saat ini sudah ada beberapa produk kosmetik herbal yang disinyalir mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang diantaranya adalah SLS, bahan pewarna, paraben, dan mineral oil.

Sulfactan pada produk kosmetik berbahaya 2012

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) sering dikenal sebagai sulfactan sering sekali ditemukan di facial wash atau kosmetik pembersih muka. Bahan kimia tergolong sebagai bahan kimia yang berbahaya karena memiliki indeks iritasi yang cukup tinggi. Terlebih lagi untuk jenis kulit sensitive. Resiko terjadinya iritasi kulit akan jauh lebih besar jika kulit sensitive ini dibersihkan dengan menggunakan facial wash atau cleanser yang mengandung sulfactan. Salah satu ciri cleanser atau facial wash yang mengandung sulfactan adalah kulit wajah terasa kesat jika dibersihkan dengan produk pembersih wajah yang bersulfactan. Bahan kimia ini juga mampu mengangkat lemak pada kulit wajah yang berfungsi sebagai proteksi  lapisan kulit yang berada di bawahnya. Akibatnya, kulit wajah akan mudah iritasi dan alergi.

Zat pewarna pada kosmetik

Kandungan zat kimia lainnya yang berbahaya dan sering digunakan pada produk-produk kosmetik adalah zat pewarna. Umumnya, zat pewarna ini dapat dijumpai pada produk-produk kosmetik yang memiliki pigmen warna yang cukup terang seperti lipstik, eyeshwdow, eyeliner, dan blush on. Zat pewarna pada blush on akan menyebabkan warna kecoklatan pada pipi jika sering digunakan. Selain produk kosmetik berbahaya 2012, zat pewarna berbahaya juga sering digunakan sebagai pewarna pada parfum yang juga dapat menyebabkan bercak cokelat pada kulit. Paraben, kandungan zat kimia berbahaya lainnya, juga perlu diwaspadai karena sudah banyak produk kosmetik yang menggunakan bahan kimia berbahaya ini sebagai bagian dari komposisinya. Bahan kimia ini merupakan bahan pengawet agar kosmetik tetap awet dan tahan lama.

Dan bahan kimia berbahaya berikutnya adalah mineral oil. Mineral oil dapat dengan mudah ditemukan di produk pelembab. Bahan kimia ini sangat berbahaya bagi kulit karena akan menyebabkan kulit wajah kusam dan berminyak.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (3 votes cast)
4 Macam Zat Pada Produk Kosmetik Berbahaya 2012, 3.0 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :