HOME »» SERBA SERBI

Razia BPOM Terhadap Produk Kosmetik Ilegal

Razia BPOM Terhadap Produk Kosmetik IlegalBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) semakin gencar melakukan razia kosmetik ilegal di berbagai tempat. Berdasarkan beberapa hasil penyitaan, diketahui bahwa produk berbahaya tersebut berasal dari negara tirai bambu, China. Menurun Drs.Bahdar Johan, salah satu pihak deputi BPOM, pengedar kosmetik ilegal dan barang sitaan ditindak lanjuti secara tegas. Badan BOM berusaha menindaklanjuti hasil razia tersebut dengan memberikan pembinaan khusus bagi pelaku atau pengedar serta memberikan sanksi administratif. Sanksi yang diberikan berupa peringatan secara tegas, pengamanan dan penyitaan produk di tempat serta pemusnahan produk ilegal tersebut. Diharapkan dengan tindakan tersebut dapat menimbulkan efek jera bagi para pelaku. Selain itu, BPOM mengharapkan agar usaha ini dapat mengurangi beredarnya produk kosmetik ilegal di pasaran.

Produk kosmetik ilegal yang diamankan oleh pihak BPOM kini berjumlah 4.232 item. Sedangkan penemuan dari razia produk kosmetik ilegal di daerah Medan diketahui bernilai hingga miliaran rupiah. Berdasarkan penjelasan dari salah satu deputi BPOM, selama 3 tahun ini, penemuan produk kosmetik ilegal semakin menurun. Dari jumlah sekitar 8189 item kini telah menurun menjadi 4.232 item. Penurunan jumlah ini diakui karena semakin gencarnya BPOM menindaklanjuti beredarnya kosmetik tanpa izin. Walaupun diakui bahwa penemuan produk kosmetik ilegal setiap tahunnya semakin menurun, tetapi jumlah tersebut masih tergolong tinggi. Untuk itu, pihaknya berusahaterus melakukan pengawasan serta penanganan terhadap produk ilegal yang dapat membahayakan masyarakat.

Semakin gencarnya usaha dari BPOM tentu harus didukung oleh masyarakat. Bagi masyarakat khususnya perempuan, dianjurkan untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap beredarnya produk ilegal ini. Biasanya produk yang beredar secara ilegal mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keresahan masyarakat, Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan Badan POM gencar melakukan sosialisasi di berbagai media tentang perlunya kewaspadaan terhadap produk kosmetik ilegal. Masyarakat harus mengetahui dampak dan bahaya yang ditimbulkan terhadap produk kosmetik tertentu agar dapat berhati-hati sebelum membeli produk kosmetik. Pastikan produk kosmetik yang akan dibeli memiliki izin edar dari Badan POM. Jangan tergiur dengan harga yang murah dan memberikan efek secara instan, karena produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :