HOME »» SERBA SERBI

Razia Produk-Produk Ilegal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

produk ilegal di provinsi kepulauan bangka belitungMaraknya ditemukan produk illegal di berbagai provinsi di Indonesia termasuk di provinsi kepulauan Bangka Belitung (Pangkal Pinang) yang mana tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh Balai Pengawasan obat dan Makanan (BPOM) . Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya operasi yang telah dilakukan pada tanggal 22- 23 Oktober 2013 oleh BPOM Bangka Belitung (Babel) dan Polda Bangka Belitung.

Dari hasil operasi gabungan yang telah dilakukan oleh BPOM Bangka Belitung dan Polda Bangka Belitung didapat 222 jenis produk kosmetik illegal, obat tradisional, beserta makanan dan minuman illegal. Adapun 222 Produk- produk illegal tersebut terdiri dari 129.787 pick (sachet/ kotak) dan harga produk- produk tersebut ditafsirkan mencapai Rp 117. 271. 300. Kemudian produk- produk illegal tersebut telah ditemukan di 27 titik tempat di Pulau Bangka dan Belitung yaitu Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka . Hal tersebut telah dinyatakan oleh Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bangka Belitung , Arnorld Sianipal.

Pasal – Pasal Yang Dikenakan Atas Penjualan Produk- Produk Illegal

Setiap perbuatan yang merugikan orang banyak dan melanggar hukum tentunya akan mendapatkan sanksi, hal tersebut sama halnya dengan para pelaku yang menyediakan, dan menjual  berbagai produk illegal yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BPOM juga akan mendapatkan sanksi contohnya di Bangka Belitung.

Adapun sanksi yang dikenakan bagi produsen dan distributor yang menjual dan menyediakan produk- produk illegal yaitu dengan dakwaan atas melanggar Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 dengan pasal 197 dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 dengan pasal 142 yaitu mengenai pangan.

Adapun Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 Pasal 197 tersebut berisi mengenai hukuman bagi produsen dan distributor yang menjual dan menyediakan produk- produk illegal yaitu 15 tahun atau denda Rp 1,5 miliar. Kemudian Undang – Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012 yaitu mengenai hukuman bagi produsen dan distributor yang menjual dan menyediakan produk- produk illegal yaitu 2 tahun kurungan atau denda Rp. 4 miliar. Hal tersebut telah diungkapkan oleh Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bangka Belitung , Arnorld Sianipal.

Untuk itu bagi masyarakat diharapkan untuk berhati- hati ketika membeli kosmetik, obat tradisional, dan pangan illegal . Hal tersebut dikarenakan banyak ditemukan produk – produk tersebut mengandung mercury dan zat- zat yang berbahaya lainnya. Dan untuk mengetahui produk- produk yang mengandung zat berbahaya dapat dilihat dari NO POM TR nya dan izin edarnya . Kemudian untuk NO POM TR ada sebanyak 9 digit yang masyarakat bisa lihat di kemasan produknya. Hal tersebut telah diterangkan oleh Kepala BPOM Bangka Belitung tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Razia Produk-Produk Ilegal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :